24.7 C
Jakarta
Wednesday, July 6, 2022

Ahmad Dhani ngeJazz, Pakai Jas, Songkok  & Minum Sambil Duduk

- Advertisement -
- Advertisement -

Ahmad Dhani untuk pertama kalin tampil di  arena Java Jazz.  Ia muncul solo di hari ke dua BNI Java Jazz Festival, Sabtu 28 Mei 2022 , tanpa membawa Dewa 19. “Dewa panggung di Surabaya, saya sudah terlanjur janji dengan Pak Peter Gontha main di sini!”

Uniknya, Dhani naik panggung dengan jas lengkap berdasi, juga bersongkok. Songkok adalah kata lain dari kopiah  atau peci hitam yang biasa dipakai orang Melayu.

Dengan iringan musik dari Ron King Big Band, Dhani membuka panggung dengan lagu “The Best Is Yet To Come”, sebuah lagu jazz standar berdurasi empat menit lebih. Lagu ini digubah oleh Cy Coleman dengan lirik  ditulis Carolyn Leigh pada 1959. Frank Sinatra pada tahun 1964.

Panggung berlanjut dengan  Dhani masih membawakan  lagu teks Bahasa Inggris,. Kali ini “I Get a Kick Out of You” sebuah lagu  karya Cole Porter. Pertama kali dinyanyikan dalam musikal Broadway Anything Goes (1934), dan kemudian muncul dalam versi film tahun 1936.  

Awalnya dinyanyikan Ethel Merman,  kemudian dicover oleh lusinan penyanyi terkemuka, termasuk Frank Sinatra, Dolly Parton, Ella Fitzgerald,  bahkan Tony Bennett dan Lady Gaga.

Minum Sesuai Sunnah Nabi

- Advertisement -

Setelah dua lagu itu selesai, Dhani mengaku haus. “Lumayan ya, harus minum dulu. Enggak boleh minum sambil berdiri, harus duduk dulu,” ujar Dhani. 

Dia pun menuntaskan dahaga dengan  muinum sambil duduk. Tidak hanya satu kali, Dhani mengulang lagi tentang adab minum saat jeda di beberapa lagu.

Selain mendendangkan lagu jazz standard, Dhani juga menyanyikan lagu karyanya yang dipopulerkan Dewa 19.  Ada “Kasidah Cinta”, “Arjuna Mencari Cinta”, “Sudah”, “Aku Cinta Kau dan Dia”, serta “Separuh Nafas”.

Saat intro “Madu Tiga” dimulai, Dhani mendadak minta menghentikannya sejenak. 

Baca Juga :  Ustadz Jamming Rilis Single Kedua

“Minum dulu. Enggak boleh berdiri, pakai tangan kanan,” tutur Dhani.

Lucunya, saat menyanyikan lagu karya sendiri  ”Arjuna Mencari Cinta”. Dhani yang baru memasuki usia  50 tahun, dua hari sebelum ini, tertangkap basah melakukan kesalahan.

Terutama ketika ia menyanyikan potongan  lirik yang seharusnya ‘wahai wanita, cintailah aku’, Dhani justru menyebut ‘wahai wanita, yang mencari cinta’.

Namun, ia sadar kesalahannya, ayah Al Ghazali itu malah tertawa geli. Dia pun meminta maaf dan berdalih lagu tersebut biasanya dinyanyikan  oleh Once.

“Kalau ada salah sedikit, mohon maaf, ya,” imbuhnya lantas tertawa. “Kemarin di Surabaya waktu tur pertama kali Dewa 19 selama pandemi, Kemarin juga kita salah-salah mulu karena 30 lagu. Karena saya harus ngapalin lagi, apalagi besok (hari minggu) saya mau manggung di Malaysia nyanyi nasyid, jadi agak puyeng dalam beberapa malam ini. Jadi kalau ada salah salah lirik mohon dimaafkan ya,” tutur Dhani.

Di pengujung penampilan, Dhani bersyukur bisa tampil maksimal dengan Ron King Big Band yang memang dikenal sebagai musisi internasional. Apalagi, ia  mengaku hanya  sempat latihan satu kali.

“Inilah musiknya orang tua, tetapi asyik. Tapi AlhamdulillahAlhamdulillah. Mereka ini (Ron King Big Band) enggak tahu lagunya, terbiasa baca not dan partitur. Jadi kalau aku salah, buyar semua. Ya kan Ron?  Tetapi mereka keren loh, bisa ngiringin saya, meski tanpa tahu lagu yang saya bawakan,” tandasnya.

Selain Ahmad Dhani yang muncul BNI Java Jazz Festival 2022 di hari kedua, sejumlah musisi tampil di beberapa panggung lain, yakni   D’Masiv, Afgan, Rizky Febian, dan puluhan musisi dalam dan luar negeri. XPOSEINDONESIA /NS Foto Muhamad Ihsan

ahmad dhani muncul tanpa dewa 19
ahmad dhani muncul tanpa dewa 19
ahmad dhani di panggung bnijjf 2022
ahmad dhani di panggung bnijjf 2022
ahmad dhani diiringi ron king
ahmad dhani diiringi ron king
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -