27.1 C
Jakarta
Friday, September 30, 2022

Indonesia Orchestra & Ensambel Festival Kelima Digelar di Jakarta & Bali

- Advertisement -
- Advertisement -

Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) bersama Musicmind kembali menyelenggarakan Indonesia Orchestra & Ensemble Festival (IOEF) sepanjang dua hari, 17-18 September 2022 di MBloc Space, Jakarta.

“Dengan mengusung tema ‘Back to Basic’, kami ingin memotivasi grup dan komunitas Ensambel dan Orchesta untuk kembali tampil live di hadapan publik setelah dua tahun tidak bisa berkegiatan karena pandemi,” ujar Dr. Nathania Karina, co-Founder dan Direktur IOEF.

IOEF di Jakarta akan diikuti oleh Trust Junior Orchestra, St. Theresia Orchestra, Orkes Tiup Jepang dan Ukuiki Ensemble yang akan bermain di Creative Hall MBloc Space .

Sementara di Bali IOEF akan diselenggarakan pada 23-25 September 2022 dengan musisi yang tergabung dalam Gusto Junior Saxophone Ensemble – Thailand, Kara Harp Ensemble, Gusto Brass Band – Thailand juga Trust Orchestra.

- Advertisement -

“Di Bali bukan hanya ada panggung pertunjukan bagi peserta festival, kami juga menawarkan beragam workshop dan masterclass, serta kelas gamelan Bali untuk memperkaya pengalaman dan wawasan bermusik setiap peserta. Aka datang pula tiga peserta festival dari Thailand,” kata Nathania Karina.

Di ujung puncak kegiatan, akan diadakan Gala Konser yang selalu menjadi puncak dari penyelenggaraan IOEF dengan menghadirkan dengan nuansa Indonesia yang kental.

“Di gala Konser akan ditampilkan sederet lagu daerah dan nasional Indonesia yang diaransemen khusus untuk format orkestra oleh arranger-arranger muda berbakat Indonesia dan sebuah medley spesial yang menampilkan lagu tradisional Thailand dan Indonesia yaitu “Loi Loi Khratong x Cing Cangkeling” sebagai wujud pertukaran budaya dan persahabatan.

IOEF yang merupakan program CSR dari TRUST Orchestra, menyelenggarakan kegiatan ini untuk yang kelima.

“Festival IOEF merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Jadi kita patut bangga di Asia Tenggara, ada wadah festival khusus orchestra dan ensambel yang menaungi grup grup besar,” ungkap Nathania

Festival musik dengan tagline “Rumahnya Orkestra dan Ensemble Indonesia” ini diselenggarakan untuk memacu segenap komunitas musik, khususnya grup musik besar seperti orkestra dan ensemble, untuk bangkit dan berkarya setelah tertidur selama pandemi.

IOEF 2022 terselenggara atas dukungan berbagai pihak, di antaranya Bank Central Asia dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca Juga :  Potret Formasi Baru dengan Keterbatasan

“BCA mendukung kehadiran Festival Orkestra dan Ensemble yang menjadi momentum pertemuan para grup orkestra mengagumkan dan berprestasi di Asia Tenggara,” ujar I Ketut Alam Wangsawijaya selaku Executive Vice President BCA.

BCA berharap melalui kegiatan ini semakin banyak insan-insan muda berbakat yang berpartisipasi dan memperkenalkan musik orkestra sebagai bagian dari gelaran musik yang dapat dinikmati setiap kalangan.

“Untuk mendukung acara ini, BCA bersama Kemenparekraf turut memfasilitasi para peserta dari Indonesia dan juga Thailand,” ujar I Ketut Alam Wangsawijaya lagi.

Sementara itu Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Erwita Dianti, menyampaikan, ”Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan IOEF 2022. Dengan adanya ajang semacam ini, talenta musik Indonesia dapat terus berkembang serta dapat menjadi wadah yang nyaman untuk berjejaring dan saling menginspirasi bagi para musisi yang terlibat di dalamnya.”

Turut juga menjadi mitra penyelenggaraan IOEF 2022 adalah Badan Kreatif Denpasar, Dharma Negara Alaya, dan MBloc Space Jakarta.

TRUST Orchestra, sebagai bagian dari Lembaga penyelenggara pernah meraih Gold Medalist pada World Orchestra Festival 2019 yang diselenggarakan di Wina, Austria.

Trust juga pernah diundang tampil di Istana Negara pada Agustus 2019 sebagai salah satu talenta inspirasi anak muda dalam acara Talenta Muda Bhinneka Tunggal Ika untuk Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Berbeda dengan orkestra lainnya yang biasanya memainkan repertoar klasik, TRUST dikenal menawarkan program yang cenderung unik dan segar. Repertoar yang TRUST mainkan bervariasi dari lagu jazz, pop, rock, hingga lagu daerah—ditampilkan setidaknya pada tiga konser publik setiap tahunnya.

Saat ini, TRUST memiliki lebih dari 150 anggota yang terdiri atas talenta-talenta muda terbaik Jakarta usia 10-35 tahun.

TRUST berkomitmen untuk menciptakan lingkungan intensif sekaligus menyenangkan untuk menjadi wadah bagi musisi-musisi muda untuk belajar dan meningkatkan apresiasi terhadap musik, sekaligus membuka jalan masuk mereka ke dalam industri musik. Setiap anggota TRUST didorong untuk meningkatkan kemampuannya sesuai potensi maksimum mereka. XPOSEINDONESIA Foto : Didit Suhendra Putra

para peserta orchestra dan ensambel
para peserta orchestra dan ensambel
peserta festival menggelar acara di mbloc 1
peserta festival menggelar acara di mbloc 1
pres conference ioef 1
pres conference ioef 1
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -