Program Kerja Sepanjang Tahun 2022 Dipaparkan Sandiaga Uno

- Advertisement -

“Kami sudah memulai dengan pembukaan sejumlah restoran Indonesia di Malaysia, Inggris, dan Qatar,” ujar Sandiaga.

Program lain yang menjadi bentuk implementasi semangat geber adalah co-branding dengan 75 mitra yang sudah terjalin dengan MoU dan 14 mitra co-branding tambahan yang kini tengah dalam tahap penjajakan. Mitra-mitra ini adalah brand-brand terkenal yang mencakup fast moving consumer goods.

“Kami juga akan menambah (mitra co-branding) mencakup maskapai penerbangan. Kemenparekraf melakukan sejumlah kerja sama promosi terpadu dengan Airlines dan

- Advertisement -

Travel Agent di beberapa negara seperti Australia, Malaysia, India, Jepang, Amerika, Timur Tengah, dan beberapa negara Eropa,” kata Sandiaga.

Lalu dalam implementasi semangat gaspol (garap semua potensi online untuk menciptakan lapangan kerja), Sandiaga menyatakan pihaknya terus berupaya merangkum desa-desa wisata di Indonesia ke dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

Jadesta merupakan jaringan sistem informasi desa wisata dengan 3620 desa wisata yang tergabung. “Targetnya dua tahun ke depan 7.500 desa wisata yang bergabung ke dalam Jadesta,” ucap Sandiaga.

- Advertisement -

Salah satu upaya perangkuman Jadesta ini adalah melalui kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Kemudian, ada 85 kegiatan fasilitasi workshop/bimbingan teknis/penguatan kapasitas pengelolaan desa wisata hingga sertifikasi desa wisata berkelanjutan

“Ada 2.644 SDM pariwisata yang terdampingi dan diberikan pelatihan, kemudian 714 SDM ekonomi kreatif. Serta pengembangan ekosistem ekonomi kreatif meliputi kegiatan penilaian mandiri Kabupaten/Kota Kreatif di 8 kabupaten/kota di Indonesia, fasilitasi penetapan 9 Kabupaten/Kota Kreatif, workshop kewirausahaan di 35 Kabupaten/Kota Kreatif, fasilitasi Kekayaan Intelektual untuk 495 pendaftar, serta pelaksanaan kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di 16 Kota dengan total transaksi mencapai hampir Rp2 miliar,” katanya.

Selain itu, Kemenparekraf juga mengakselerasi adopsi digital di sektor parekraf melalui planogram, pelatihan SDM, pengembangan startup, dan pengembangan jumlah UMKM yang onboarding digital.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -