Program Kerja Sepanjang Tahun 2022 Dipaparkan Sandiaga Uno

- Advertisement -
- Advertisement -

Sejumlah capaian dari program kerja Kemenparekraf/Baparekraf sepanjang tahun 2022 dipaparkan  Menteri Sandiaga Salahuddin Uno dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (26/12/2022).

Menurut Menteri Sandiaga Uno,  Kemenparekraf telah melaksanakan program kerja dengan berlandaskan semangat 3G (Gercep, Geber, dan Gaspol).

Semangat gercep (gerak cepat) diterjemahkan sebagai upaya gerak cepat membantu pelaku parekraf dengan bantuan pemerintah yaitu “Lensa Kreatif” sebesar Rp11,59 miliar yang didistribusikan kepada 150 pelaku film dan 202 pelaku fotografi.

- Advertisement -

“Kami juga memberikan bantuan pemerintah untuk sarana dan prasarana ruang kreatif kepada 236 penerima dengan total hampir Rp14 miliar,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sandiaga mengatakan,  pihaknya juga bergerak cepat mendistribusikan kepada 260 usaha parekraf fasilitasi sertifikasi CHSE dan memberikan sertifikasi kepada 18.050 SDM parekraf.

Sementara, terkait semangat geber (gerak bersama), Sandiaga menyebutkan pihaknya memberikan dukungan event mulai dari skala daerah hingga acara berskala nasional dan internasional termasuk 23 event  nasional, 7 event internasional, 45 event MICE nasional maupun internasional, serta event-event daerah di sejumlah destinasi unggulan mencakup 110 KEN (Kharisma Event Nusantara) dan 60 non-KEN.

- Advertisement -
Menyalin

“Ini mampu meningkatkan pendapatan daerah karena bisa kita lihat sendiri events lead recovery ini menjadi suatu pemicu dan sarana yang sangat aktif dalam mempromosikan parekraf secara strategis,” kata Sandiaga.

Ia kemudian mencontohkan dengan digelarnya event Beli Kreatif Sumatra Selatan (BKSS) yang diikuti 200 pelaku ekraf, total omzet Rp12,2 miliar berhasil diraih bahkan terjadi peningkatan omzet hingga 94 persen dan melibatkan 459 tenaga kerja.

Kemudian, bentuk implementasi semangat geber lainnya adalah program Indonesia Spice up The World yang melibatkan 4.000 restoran Indonesia di seluruh dunia yang terkoneksi dengan target nilai ekspor rempah sebesar 2 miliar dolar AS dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi gastronomi dunia.

“Kami sudah memulai dengan pembukaan sejumlah restoran Indonesia di Malaysia, Inggris, dan Qatar,” ujar Sandiaga.

Program lain yang menjadi bentuk implementasi semangat geber adalah co-branding dengan 75 mitra yang sudah terjalin dengan MoU dan 14 mitra co-branding tambahan yang kini tengah dalam tahap penjajakan. Mitra-mitra ini adalah brand-brand terkenal yang mencakup fast moving consumer goods.

“Kami juga akan menambah (mitra co-branding) mencakup maskapai penerbangan. Kemenparekraf melakukan sejumlah kerja sama promosi terpadu dengan Airlines dan

Baca Juga :  Sandiaga Uno : Tiga Pilar untuk Bangkitkan Pariwisata & Ekraf di 2021

Travel Agent di beberapa negara seperti Australia, Malaysia, India, Jepang, Amerika, Timur Tengah, dan beberapa negara Eropa,” kata Sandiaga.

Lalu dalam implementasi semangat gaspol (garap semua potensi online untuk menciptakan lapangan kerja), Sandiaga menyatakan pihaknya terus berupaya merangkum desa-desa wisata di Indonesia ke dalam Jejaring Desa Wisata (Jadesta).

Jadesta merupakan jaringan sistem informasi desa wisata dengan 3620 desa wisata yang tergabung. “Targetnya dua tahun ke depan 7.500 desa wisata yang bergabung ke dalam Jadesta,” ucap Sandiaga.

Salah satu upaya perangkuman Jadesta ini adalah melalui kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Kemudian, ada 85 kegiatan fasilitasi workshop/bimbingan teknis/penguatan kapasitas pengelolaan desa wisata hingga sertifikasi desa wisata berkelanjutan

“Ada 2.644 SDM pariwisata yang terdampingi dan diberikan pelatihan, kemudian 714 SDM ekonomi kreatif. Serta pengembangan ekosistem ekonomi kreatif meliputi kegiatan penilaian mandiri Kabupaten/Kota Kreatif di 8 kabupaten/kota di Indonesia, fasilitasi penetapan 9 Kabupaten/Kota Kreatif, workshop kewirausahaan di 35 Kabupaten/Kota Kreatif, fasilitasi Kekayaan Intelektual untuk 495 pendaftar, serta pelaksanaan kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di 16 Kota dengan total transaksi mencapai hampir Rp2 miliar,” katanya.

Selain itu, Kemenparekraf juga mengakselerasi adopsi digital di sektor parekraf melalui planogram, pelatihan SDM, pengembangan startup, dan pengembangan jumlah UMKM yang onboarding digital.

“Kami juga mendorong diversifikasi pariwisata berkualitas agar lebih banyak yang berwisata di ‘Indonesia aja’ melalui Pak Wisnu (Paket Wisatawan Nusantara) yang sudah dilaunching baru-baru ini. Kami juga aktif melakukan stage show di sejumlah eksebisi dan travel mart internasional,” ujar Sandiaga.

JPAT Kemenparekraf hadirkan Pameran Foto Kilas Balik 2022 dan Bazaar

Dalam JPAT 2022 Kemenparekraf menghadirkan pameran foto Kilas Balik 2022 dan bazaar produk-produk ekonomi kreatif. Sandiaga menyempatkan melihat-lihat foto yang memamerkan rangkaian kegiatan Kemenparekraf sepanjang tahun 2022 dan ikut serta dalam lelang produk ekonomi kreatif  di area bazaar. Pameran foto Kilas Balik berkolaborasi dengan sejumlah stakeholders.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wamenparekraf/Wakabaparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih dan Hetifah Sjaifudian secara daring. Turut hadir pula sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf secara daring dan luring. XPOSEINDONESIA : Foto : Dokumentasi

sandiaga uno beserta pejabat eselon i dan ii di lingkungan kemenparekraf baparekraf
sandiaga uno beserta pejabat eselon i dan ii di lingkungan kemenparekraf baparekraf
sandiaga uno 1
sandiaga uno 1
wartawaan anthusias bertanya pencapaian kemenparekraf 2022
wartawaan anthusias bertanya pencapaian kemenparekraf 2022
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -