Nasionalisme dalam Film Bukan Cuma Perlawanan Terhadap Kolonial

Namun Ada Dimensi Kultural Yang Perlu Terlihat, Mulai dari Fashion, Food dan Lokasi Syuting

- Advertisement -

  “Di sana diperlihatkan  gaya dansa-dansi, beragam warna musik, fashion dari kebaya hingga baju modern, makanan cemilan, bahkan juga motor skuter yang dipakai oleh pemain. Dimensi kulturalnya masuk semua!’

Sementara itu menampilkan nasionalisme  di jaman kini bisa dimunculkan  dalam berbagai hal.  Selain soal budaya, fashion, jenis makanan tertentu, bisa pula  memperlihatkan daerah tertentu dengan lebih detail.

“Misalnya  jika lokasi syuting di Papua, bisa diperlihatkan bagaimana kondisi kantor Pemrov Papua seperti apa!”ungkap Zinggar.

- Advertisement -

Nasionalisme masih kata Ziggar, bisa berubah format dan berganti wajah, tetapi di era globalisasi seperti sekarang ini  nasioalisme lebih  berkembang ke arah kolaborasi, “bahwa kita sadar hidup sejajar dalam masyarakat global!”

“Apa yang bisa kita produksi di Indonesia,  film misalnya. Bisa dikirim ke luar negeri atau ke negeri serumpun. Dengan menggunakan bahasa Melayu maupun bahasa Indoesia. Ini sebetulnya juga bagian dari  nasionalisme tersebut!”

Lebih jauh Zinggara mengigatkan, penting untuk melihat dan belajar dari apa yang dilakukan Korea dengan industri keseniannya.

- Advertisement -

“Kita kenal Kimci dari drama mereka, kita mendengar dan musik mereka. Di jaman globalisasi seperti sekarang ini kolaborasi adalah keniscayaan  yang tidak mungkin dihindari.”

Ketua Panitia FFWI,  Wina Armada di ujung pertemuan menyebut,   “Sayap-Sayap Patah” telah  mematahkan mitos, bahwa film yang bersifat   nasionalis dan berkaitan dengan kebangsaan, mampu laku untuk diserbu penonton.

“Dari sisi  finasial, kalau dihitung ada 2 juta yang menonton Sayap-Sayap Patah,  berarti produser minimal  mengantongi Rp 40 M. Kita gembira, film yang mengadung  nasionalisme, juga bisa menghasilkan angka yang menjanjikan! XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi

0 logo 1
0 logo 1
0 sayap sayap 2
0 sayap sayap 2
0 webiar 3 1
0 webiar 3 1
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -