Dengan Dana Tepat Sasaran, Kemenparekraf Gulirkan Program Baru

- Advertisement -

Realokasi anggaran di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  dipastikan oleh Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tepat sasaran.

Ini dilakukan dalam upaya mitigasi  (mengurangi atau meminimalkan dampak) dari COVID-19 terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Parekraf /Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio  mengatakan program yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf dalam situasi tanggap darurat COVID-19 didasarkan pada kebutuhan pekerja dan pengusaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

- Advertisement -

Pihaknya telah melakukan pemetaan permasalahan sebelum merealokasi anggaran dan menggulirkan program guna menekan dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sesuai dengan kewenangan yang ada di Kemenparekraf/Baparekraf.

“Kemenparekraf memetakan kendala yang dihadapi para pelaku parekraf di lapangan kemudian diterapkan program-program yang sifatnya jaring pengaman (safety net) untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Wishnutama, Selasa (28/4/2020),.

Dalam program fasilitasi tenaga kesehatan dengan hotel, transportasi dan sebagainya misalnya. Lewat program itu tidak hanya tenaga kesehatan yang terfasilitasi, tapi juga membantu pekerja sekaligus pengusaha hotel dan transportasi.

- Advertisement -

“Kerja sama ini juga sebagai bentuk dukungan Kemenparekraf terhadap industri pariwisata yakni bisnis hotel dan transportasi agar tetap bisa mempekerjakan pegawainya dengan program tersebut,” ujar Wishnutama.

Pada tahap ini Kemenparekraf/Baparekraf telah memfasilitasi 2.059 tenaga kesehatan untuk memperoleh transportasi dan akomodasi  dengan jalan bekerja sama dengan puluhan hotel.

Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya juga telah melakukan pengumpulan data pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak dan terus diperbaharui. 

Data tersebut kemudian diolah untuk kemudian dirancang program-program yang fokus utamanya ditujukan untuk membantu pekerja dan pengusaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -