24.7 C
Jakarta
Wednesday, July 6, 2022

Meski Masih Berduka, karena wafatnya Donny Suhendra, Dwiki Dharmawan Tampil Di  Bosnia

- Advertisement -
- Advertisement -

Setelah  May 2022 lalu, melaksanakan umroh di tanah suci Mekah, musisi, produser dan composer Dwiki Dharmawan, kembali  akan berangkat ke luar negeri.

“Kali ini  saya akan berangkat mengikuti  International Moonjune Music Festival  (IMMF) yang pertama,  yang digelar di  Jace, Bosnia dan  Herzegovina.  Rencananya festival ini  akan berlangsung  tiga hari,  yakni tanggal 24, 25 dan 26 Juni.  Saya akan tampil pada  hari terakhir,” ujar Dwiki Dharmawan dalam press conference yang diselenggarakan di Farabi Music  School, Kebayoran Baru Jakarta 21/06/2022.

Meski  masih berduka, karena wafatnya Donny Suhendra pada 19 Juni 2022, rekan  kerjanya  sejak tahun 1985 dalam kelompok Krakatau,  Dwiki berupaya  sekuat tenaga untuk tampil profesional.  

Via  akun instagramnya dharmawan-dwiki-official, Dwiki memang tak bisa menyembunyikan kehilangan dan menulis kesedihan yang sangat dalam, “Saya tidak ingat kapan terakhir kali saya menangis sebanyak ini!”

- Advertisement -

“Ya…bagaimana lagi, kita harus menerima takdir karena kematian, dan live must go on,” ungkap Dwiki  secara khusus kepada www.xposeindonesia dengan mata masih menyiratkan kesedihan mendalam.

Bawakan 11 Lagu

Dalam IMMF yang hanya akan diisi oleh musisi dan artis  internasional yang membuat rekaman di MoonJune Music & Records itu,  dari Indonesia  Dwiki akan berangkat  dengan Chico Hindaro, Ketua Forum Jazz Indonesia, Ketua Umum WAMI.

Di atas panggung IMMF,  Dwiki akan  bergabung dengan beberapa musisi internasional. Mereka antara lain Yaron Stavi (Akustik Bass/Jerman), Asaf Sirkis (Drums/Inggris Raya), Nguyen Le (Guitar/ Vietnam/Perancis), Boris Savoldelli (Vocal/Italia) dan Ofer Asaf (Saxophone/ USA).

“Biasanya, kalau ke luar negeri, saya minimal ngajak satu pemain. Bisa  pemain gendang atau rebab atau trompet.  Namun kali ini saya sendirian!” ucap suami dari Ita Purnamasari ini sambil menyebut  keberangkatannya disokong penuh oleh IMMF.

Menurut Dwiki, di atas panggung IMMF, ia  dan rekan-rekan musisi internasional  tersebut, akan  menampilkan 11 lagu.

“Kami akan membawakan lagu karya saya  antara lain Pasar Klewer, Paris Barantai, Rentak Rebana, Night in Mursia, Jazz  For Free Port,  juga The Spirit of Peace. Selebihnya, masing masing personil  akan menyetor lagu untuk dimainkan dan kami sudah mempelajari lagu-lagu tersebut,” kata Dwiki.

Namun, kata Dwiki, di atas panggung para musisi bebas mengeksplorasi bunyi masing-masing.

“Jadi di sini ada spirit saling merespons satu sama lain. Inilah esensi dari bermusik, respos  satu sama lain yang menghasilkan suatu musik yang menunjukan kebaruan, bahkan bisa berbeda dari komposisi aslinya,” ujar Dwiki yang sangat kreatif  dalam mencipta lagu dan bisa menyerap langsung situasi dan kondisi sebuah lingkungan.

Baca Juga :  "Eksplorasi Musik" pada Festival Folksong antar Bank Daerah

Seperti lagu Night in Mursia yang akan dibawakan di IMMF, tercipta   pada tahun  2002, saat Dwiki menghadiri Murcia Tres Culturas Festival di Murcia, sebuah kota di selatan Spanyol .

“Lagu itu menggambarkan harmonisasi masyarakat dan keindahan kota turis Mursia yang indah. Di mana masyarakatnya hidup berdampingan secara damai,  antara  Islam, Nasrani dan Yahudi!” ujar Dwiki.

Khusus dalam festival internasional, Dwiki  tentu saja akan menonjolkan ciri musik Indonesia.

“Saya ingin menonjolkan spirit pentatonik yang ada di Indonesia, melalui beberapa lagu karya saya, di antaranya dalam  lagu Pasar Klewer, misalnya. Ini  lagu yang unik dan eksotik buat telinga internasional!” ungkap Dwiki.

Penyelenggaraan IMMF sendiri rencana akan ditayangkan secara live melalui akun facebook dan Youtube Moonjune.

“Saya akan update via Instagram link acara ini,  agar teman-teman  dari Indonesia bisa ikut menonton,” kata Dwiki yang bergabung dengan Moonjune Records yang dikomando Leonardo Pavkovic sejak tahun 2015.

Dwiki dan Moonjune Records

Hubungan Dwiki dan Moonjune memang terkesan sangat  harmonis. Terbukti, Dwiki menghasilkan beberapa album dibawah label indie ini.

Antara lain “So Far So Close” yang direkam di Los Angeles Amerika Serikat (2015), kemudian Album “Pasar Klewer” (2016).

“Album  Pasar Klewer dapat respon positif dari penggemar jazz mancanegara dan mendapat anugerah “Album of The Year 2016” dari  majalah DownBeat Magazine  doi Amerika serta  menjadi “Best Albums 2017” dari jazzWise Magazine  di Inggris!” ungkap Dwiki.

Tahun 2018  Moonjune merilis album  Dwiki  bertajuk “Rumah Batu”  dan “Hari Ketiga” di tahun 2020.

Selain Dwiki, beberapa musisi Indonesia  pernah merilis album bersama Moonjune Music & Records, antara lain kelompok  musik Discus, Bujana dan Tohpati.

IMMF menurut Dwiki akan diadakan setiap tahun di bulan Juni, dan selalu di tempat yang sangat indah, dan hanya menampilkan artis MoonJune Music & Records.

“Setelah di Bosnia, tahun 2023 IMMF akan dilanjutkan di kota Toledo, Spanyol. Kemudian  di Ubud, Bali tahun 2024, selanjutnya di wilayah Puglia, Italia 2025,”  ujar Dwiki menutup percakapan. XPOSEINDONSIA/Nini Sunny. Foto : Muhamad Ihsan dan Dudut Suhendra Putra

chco hindarto ketua forum jazz indonesia dan ketua umum wami akanberangkat bersama dwiki
chco hindarto ketua forum jazz indonesia dan ketua umum wami akanberangkat bersama dwiki
dwiki akan menampilkan 11 lagu bersama musisi internasional di bawah label moonjune records
dwiki akan menampilkan 11 lagu bersama musisi internasional di bawah label moonjune records
dwiki dalam press conference 20 juni 2022
dwiki dalam press conference 20 juni 2022
dwiki dharmawan akan tampil di international moonjune music festival di bosnia
dwiki dharmawan akan tampil di international moonjune music festival di bosnia
dwiki dharmawan masih dalam berduka karena wafat donny suhendra
dwiki dharmawan masih dalam berduka karena wafat donny suhendra
dwiki dharmawan musisi komposer pemilik farabi music school
dwiki dharmawan musisi komposer pemilik farabi music school
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -