32.1 C
Jakarta
Thursday, September 23, 2021

Harry Visualizer : Guru Gambar Yang Jadi Penyanyi

- Advertisement -
- Advertisement -

Harry Visualizer a.ka Kak Harry adalah contoh illustrator yang gigih. Ia telah membuat lebih dari 20 konten Youtube, dengan judul “Belajar Gambar Imut”.  Itu dilakukannya hanya dengan menggunakan handphone. Bahkan juga dalam proses editing.


“Punya acara menggambar di TV memang jadi impian saya. Saya ingin seperti Pak Tino Sidin jaman dulu,”’ kata Harry via wawancara daring.   

Pak Tino Sidin memang guru gambar pertama Harry, “Dari kelas satu SD, saya setia menonton acara beliau di TVRI,” ujar Harry yang mengaku belajar otodidak  dalam menggambar dan hanya  “berguru” virtual  pada Pak Tino.

Menurut  pengakuan pria kelahiran Medan, 10 April 1978 ini,  ia membuat  konten Youtube, dengan  konsep bermain, belajar dan bernyanyi.  “Saya membangun karakter kakak yang lucu, menyenangkan  dalam mengajar!”

- Advertisement -

Untuk project Youtube, Harry sama sekali tidak mengeluarkan budget. “Modalnya cuma handphone. Dan anak-anak pendukung acara adalah para keponakan, anak sendiri  dan anak tetangga,” kata Harry yang pernah mengajar Estrakulikuler Menggambar selama lima bulan di SD Fransiskus Jakarta.

Dimulai Saat Covid 19 Merebak

Ide membuat konten Youtube dimulai dari tahun lalu.  Saat Covid 19 merebak, di mana semua orang kehilangan job, sekaligus punya waktu banyak kosong.  

“Di situ timbul lagi ide untuk mewujudkan mimpi punya acara menggambar di TV,” kata Harry.

Mulailah ia membuat konsep, melakukan pengambilan gambar juga  mengedit video.

“Semua saya lakukan  sendiri, termasuk menciptakan tagline “Kak Harry Mau Gambar apa, ya?” yang muncul di setiap kali acara!”

Baca Juga :  Dea Nurhayati : Dangdut dalam Konotasi Positif

Harry sebetulnya sejak lama dikenal publik  memiliki  keahlian menggambar.  Pada tahun 2009, ia muncul mengisi acara menggambar di ANTV, lewat STARKID. Acasra sepanjang 21 episode dipandu pula oleh Asti Ananta.

Harry mengaku membuka karier profesional sebagai illustrator setelah lulus SMA  Bina Dharma 2  Bandung, pada 1998.

“Saya mulai bekerja sebagai ilustrator buku pelajaran di Grafindo, Bandung,” kata Harry. Setelah itu, pada tahun 2000, ia hijrah ke Jakarta. Kemudian berpindah banyak tempat kerja. Dari koran Republika, berpidah lagi, sampai kemudian mendarat di perusahaan periklanan ternama, Ogilvy.

Baca Juga :  Inez Maharani dengan Indah Menebar "A Million Love”

Menurut Harry, hampir 55 persen storyboard iklan TV yang dikerjakan Ogilvy, adalah hasil kreasinya. Sampai kemudian ia kena PHK di tahun 2019.

“Hingga hari ini Alhamdulillah untuk menyambung hidup, saya tetap jadi illustrator freelance (visualizer), untuk membuat storyboard iklan TV dan film layar lebar. Film terakhir yang saya buat storyboard-nya adalah “Susi Susanti,” ungkapnya lagi,

Merambah Rekaman

Pada Desember 2020, via akun instagramnya, Harry memposting  e-flyer dengan  caption berisi informasi, bahwa ia baru merilis single  bertajuk “Yakinlah Cinta”.

“Ïni lagu ciptaan sohib gue yang jenius, Sally Roman,”ujar  Harry  yang mengaku sejak  SMP bermimpi menjadi penyanyi sukses, seperti Michael Jackson

“Saya  pernah  belajar vokal di Elfa Secoria loh!”  tutur Harry yang pada Agustus 2021  kembali merilis single kedua bertajuk “Adam Hawa”. XPOSEINDONESIA. Foto : Dokumentasi Pribadi

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -