33 C
Jakarta
Wednesday, October 20, 2021

Bambang Soemardiono : Mengajar Sambil Terus Bernyanyi

- Advertisement -
- Advertisement -

Acara Cakap Cakap IG Live @bensleo, pada 4 Maret 2020 lalu,  terlihat istimewa. Tokoh  yang muncul adalah Dosen Arsitektur ITS Surabaya Dr. Img ir Bambang Soemardiono.  Ia sengaja terbang ke Jakarta dari Surabaya  untuk menjalani siaran live Instagram  di kediaman Mas Bens Leo.

Dan  bisa diduga,  ketika  muncul secara live puluhan  mahasiswanya  di ITS Surabaya  mendadak  ikut masuk sebagai penonton dan berkomentar macam macam. Dan rata rata memposting pesan berisi kekaguman.  

“Saya  pengagum Anda, Pak Bambang. Suatu saat saya ingin seperti Anda!” kata seseorang via chat yang dibacakan Bens Leo.

“O …itu murid S3 saya,” ujar Bambang mengenali. “Di kelas, saya dosen yang tegas, tapi saya berpenampilan berbeda ketika  di panggung  untuk menyanyi. Karier saya menyanyi secara professional memang  terlambat,” ungkap Dosen lulusan S3 Technische Hochschule Damstadt,  Jerman. 

- Advertisement -

Dosen kelahiran 20 Mei 1961 ini menyebut  menyanyi menjadi  kegemarannya sejak remaja. 

“Sebetulnya cita cita saya mau jadi penyanyi. Tapi  keterusan belajar ke Jerman dan semakin serius mengajar. Menyanyi hanya sesekali dan sebagai hobi saja,” kata ayah dua anak ini.

Namun ketertarikannya pada dunia musik begitu menggelora, Bambang mulai ‘karier’ rekaman dengan mengcover lagu-lagu pop Barat dan Indonesia dari era 70 an hingga lagu hits baru, seperti lagu ‘Walk Away’ sampai lagu karya Rizky Febian ‘Kesempurnaan Cinta’. 

Dan kegiatan itu terbentuk makin serius, manakala ia bertemu songwriter dan arranger Yuril Ayunir, kakak   kandung almarhum Andy Ayunir

Tahun 2018, Bambang dan Yuril berkolaborasi melahirkan lagu religi  berjudul ‘Sampaikan Pada Ramadhan”.  Selain menyanyi Bambang bertugas  menulis lirik. 

“Kita edarkan lagu itu lewat platform digital Spotify, iTunes, Joox, Langit Musik dengan video klip naik ke YouTube,” ungkap Bambang,

Kerja sama Bambang dan Yuril berlanjut dengan pembuatanbeberapa lagu yang sudah pula diupload ke di YouTube antaralain  berjudul ‘Cerita Kita’ (2019), ‘Warna Indonesia’ dan ‘Indonesia Disini’ (2020). 

Baca Juga :  Gara Gara Putus Cinta Jessica Xaviera, Berani Menulis Lagu.

“Karena kami tidak muda lagi, tema lagu berkisar tentang cinta pada negeri. Lagu “Indonesia Disini” merupakan 63 lagu terpilih  dari  980 lagu yang masuk  sebagai peserta Lomba Cipta lagu Cinta  Indonesia,’ lanjut Bambang. 

“Ada rencana tahun ini kami akan menyelesaikan beberapa lagu yang akan kami jadikan mini album,” ujar  Bambang  

Menyanyi Disaksikan Habibie

Pengalaman di panggung menyanyi yang tak terlupakan, menurut  Bambang adalah  ketika ia bersama Paduan Suara Mahasiswa ITS bernyanyi di depan Pak Habibie. 

“Saya menyanyi lagu Widuri, dan Pak Habibie mengamati kami sambil bibirnya terlihat ikut menyanyi!” kata Bambang  yang tercatat  sebagai Pembina Paduan Suara Mahasiswa ( PSM ) ITS sejak tahun 1999 – sekarang sekaligus menjadi Ketua Harian Badan Pembina Seni Mahasiswa ( BPSMI ) Jawa Timur dari tahun 2013.

Pengalaman sebagai Pembina PSM ITS,  menjadikan Bambang ikut mengantar ITS Youth Choir dan memenangi penghargaan di 6 Kompetisi Paduan Suara Internasional di Korea, Italia, Spanyol dan Inggris, sejak tahun 2010 – 2019. 

“Salah satu prestasi yang membanggakan dari grup Paduan Suara ITS   adalah kami pernah memenangi dua penghargàan kategori Adult Folk Song dan Mixed Choir dari Llangolen International Musical Eisteddfod Wales, Inggris pada tahun 2017,” kata Bambang,

Llangolen International Musical Festival sendiri adalah kompetisi seni musik dan tari Internasional yang telah berusia 74 tahun yang digelar di kota kelahiran Pangeran Charles. 

“Karena prestasi ini, saya mendapat Anugerah Wira Adhicarya sebagai Dosen Inovatif dalam membimbing prestasi Mahsiswa ITS, Surabaya,” ungkap  Bambang  yang pernah diajak duet oleh penyanyi keroncong Endah Laras  dan muncul di Konser 7 Ruang  episode Lustrum XII ITS, 14 November 2020. XPOSEINDONESIA/NS Foto : Dudut Suhendra Putra

More Pictures

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -