Fadjri Djagahitam : Pariwisata Pasca Tambang Jadi Andalan Kami.

- Advertisement -

Apa  masukan bagi peserta Famtrip?

Kami berharap para peserta Famtrip bisa memberikan masukan juga koreksi, baik dari segi pemerintahan,  kebijakan, dan  aturan  aturan, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten. 

Kalau memang  kami menjadi  tujuan wisata setelah Bali, seperti yang telah ditetapkan Kemenpar,  kami berharap nanti temen-teman bisa lebih tajam menulis berita tentang pariwisata Bangka dan Belitung khususnya Belitung.  

- Advertisement -

Agar target kami 2020 masa jabatan Gubernur untuk periode kedua ini,  kami sudah siap untuk tinggal landas dan mempersiapkan pasca tambang.  Pasca tambang itu pariwisata menjadi andalan kami.

Apa destinasi unggulan wilayah Bangka?

Bangka itu dia tidak begitu jauh dengan Belitung. Cuma dipisah laut.  Cuma kemarin kita  memang belum  sampai ke utaranya Pulau Bangka.

- Advertisement -

Di utaranya Pulau Bangka itu hampir mirip seperti Belitung dan Belitung Timur. Jadi dia ada Pulau Lampu, Pantai Pesaren, Pantai Pejam, yang struktur tanah, pantai, hutan, bukitnya hampir mirip dengan Belitung. Nah kami akan mencoba melirik Bangka sebelah Utara, jadi nanti mulai dari utara Pulau Bangka sampai Selatan itu,  kami punya destinasi baru untuk dijual ke dalam maupun luar negeri.

Ada destinasi baru lain yang ingin ditawarkan di tahun 2020 ?

Kami coba juga nanti. Karena kita ada banyak perbukitan dan juga tambang bawah tanah. Kami akan mencoba kawasan-kawasan tambang, bekas tambang maupun laut seperti di Thailand. 

Di Thailand itu setelah mereka selesai penambangan laut,  kemudian dijadikan destinasi wisata.  Dan itu sangat maju. Kita perlu tenaga-tenaga ahli di bidang pariwisata untuk mempersiapkan rencana 10 sampai 20 tahun ke depan, agar pasca tambang kita benar-benar siap untuk tinggal landas meninggalkan tambang.

Berarti selain menjual pantai, akan dicoba bekas tambang  untuk dijadikan destinasi pariwisata?

Iya, kita mencoba untuk merehabilitasi tambang-tambang baik di darat maupun di laut, dan kita jadikan destinasi wisata. Beberapa Negara (sudah melakukan ini), pasca tambang,  (dijadikan) pariwisata dan  sangat maju.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -