32.2 C
Jakarta
Saturday, December 3, 2022

Di Synchronize Erwin Gutawa & 3 Diva Bawa Milenial Mencintai Musik Indonesia

- Advertisement -
- Advertisement -

Setelah dua tahun vakum karena pandemic Covid 19, Festival musik Synchronize Festival 2022 digelar lagi di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Utara.

Synchronize Festival 2022 digelar sepanjang tiga hari, sejak Jumat (7/10/2022) hingga Minggu 9/10/22 itu berhasil menghimpun puluhan ribu penonton.

Anthusias penonton yang membludak mendatangi Synchronize Festival 2022 bisa jadi karena efek batalnya acara ini dua tahun lalu karena pandemic Covid.

“Banyak pembeli tiket yang dua tahun sudah membeli tiket, tapi kami batal terselenggara, tidak minta uang dipulangkan. Mereka percaya, acara ini tetap bisa berlangsung jika pandemic selesai,’ kata David Karto, Founder Synchronize Festival, saat press conference acara ini.

- Advertisement -

Pecah Sejak Hari Pertama


Festival yang menghadirkan 126 nama musisi ini, memang sudah menggoda untuk dilihat sejak awal. Tengok saja, line-up hari pertama, salah satunya diisi dengan penampilkan Titi DJ, Krisdayanti (KD), dan Ruth Sahanaya yang tergabung dalam grup vokal 3 Diva dengan iringan Erwin Gutawa Band. Kelompok ini sempat terpisah sepanjang 15 tahun!


Dan ketika mereka muncul bersama lagi dalam satu panggung terasa ada energi luar biasa, dan menarik penonton untuk ikut bernyanyi sepanjang pertunjukan. Ketiga diva terdepan Indonesia ini melantunkan berbagai hits dari beragam genre, lengkap dengan nyanyi pola medley dan mashup.

Pada bagian mashup, Erwin secara khusus membuat aransemen lagu yang menantang para penyanyi membawakan hits masing-masing secara bersamaaan, KD membawakan “Cobalah Untuk Setia”, Ruth melagukan “Ingin Kumiliki” dan Titi DJ menyanyikan “Jangan Berhenti Mencintaiku”.


Pola mashup ini, kelihatannnya memang hanya bisa ditaklukan oleh penyanyi kelas diva. Dan Erwin tahu persis bagaimana menangani Titi, KD, dan Ruth, agar mereka mengeksplore kemampuan vocal di atas lagu yang sudah dihafal penonton. Akhirnya, ini memperlihatkan kualitas tontonan yang juga tidak mainstream alias super cakeppp.


Selain itu, Erwin juga menyiapkan kejutan dalam penampilan 3 Diva, dengan mengaransemen lagu “Cinta”, dalam versi dangdut koplo.


Pada part ini, Krisdayanti, benar-benar all out memperlihatkan cengkok dangdut dalam suara dan goyangan seksi. Bahkan dengan tambahan teriakan khas yang muncul dalam dangdut. Seperti Eee…ha….Eee ha… Part ini menjadi moment dan pertunjukan langka, terlebih khusus untuk Ruth Sahanaya dan Titi DJ.

Baca Juga :  Michael Learns To Rock Tetap Bertahan Setelah 25 Tahun


Sepanjang pertunjukan selama satu jam itu, 3 Diva juga membawakan superhits masing-masing, seperti “Astaga”, “Sang Dewi”, “Mencintaimu”, “Tak Ada Cinta yang Lain” dan “Menghitung Hari”.


Penampilan 3 Diva yang tidak henti membuat penonton ikut bernyanyi dan bergoyang ini bisa disebut kejadian langka, terlebih ini penampilan mereka setelah 15 tahun “terpisah”

Seperti pengakuan Krisdayanti dari atas panggung, “Ini penampilan pertama kami, setelah 15 tahun tidak manggung, terima kasih Synchronize,” ucap Krisdayanti.


Penampilan 3 Diva yang juga disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Sallahudin Uno ini, secara jelas memperlihatkan ragam usia penonton yang jauh dari usia 3 Diva.


Bayangkan, lagu hits “Astaga”, misalnya dirilis Ruth Sahanya pada tahun 1986. Artinya lagu itu sudah berumur 36 tahun.

“Usia saya baru 24 tahun,” kata seorang penonton, yang berdiri di sebelah saya, dan ia terus menyanyi dan hafal seluruh lirik yang dinyanyikan 3 Diva. “Saya bisa hafal karena Mama saya penggemar mereka!”

Semoga berbahagialah 3 Diva, berbahagialah Erwin Gutawa berbahagialah juga panitia Syncronize Festival yang mendengar pengakuan ini.

Karena sejatinya pencinta lagu dan musik Indonesia terus tumbuh dan berkembang ke generasi yang jauh lebih muda. Dengan kondisi ini, tagline Synronize Festival 2022, “Lokal Lebih Vokal! adalah 100 persen benar.

Synronize Festiival 2022 hari pertama memperlihatkan para penampil di enam panggung, antara lain, mereka muncul di panggung:

Dynamic Stage: Sal Priadi, Pamungkas, Project Pop, Sync Choir, White Shoes & The Couples Company, Erwin Gutawa & 3 Diva, Efek Rumah Kaca, Om New Pallapa.

Lake Stage: Gugun Blues Shelter, Danilla, Down For Life X Gondrong Gunarto, Lomba Sihir, Seringai, Shaggydog.

Forest Stage: Lair, The Milo, Ali, Brayat Endah Laras, Jhonny Iskandar Bersama Orkes Nunung Cs, .Feast.

District Stage: Sajama Cut, Andien, Jason Ranti, Endah N Rhesa, Souljah, Prontaxan.

Gigs Stage: Faye Risakotta, Muram, Bleach, Frau, avhath, Dirty ass, Rub of Rub.

XYZ Stage: RF Klav, Batavia Collective, David Bayu, Krowbar, Senyawa, The Sastro. XPOSEINDONESIA -Nini Sunny Foto : Koleksi Instagram Syncronize Festival

Panggung s3 Diva yang dihadiri ribuan penonton Foto : Instagram Synchronize Festival
Ekspresi Erwin Gutawa mengiringi 3 diva Foto : Instagram Synchronize Festival
Ruth Sahanaya, Titi Dj, dan KD adalah 3 Diva Sesungguhnya Foto : Instagram Synchronize Festival
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -