32.2 C
Jakarta
Saturday, December 3, 2022

Marcella Aprilia : Bernafas dengan Biola

- Advertisement -
- Advertisement -

Dalam konser  Chrisye Live By Erwin Gutawa 30 September 2022 lalu, ada  seorang  pemain biola perempuan  yang tampil memukau dan sangat mencuri perhatian.  Namanya Marcella Aprilia.

Kelihatannya, Erwin Gutawa sang pemimpin pentas memang memberikan porsi khusus untuk  Marcella, terutama   pada part lagu “Serasa” dan “Angin Malam”. 

Pada dua lagu itu,  semua musisi ditantang dalam memainkan instrument masing-masing. Dan part  Marcella dalam memainkan  biola terlihat cukup banyak. Sehingga, terlihat betul  ia  sebagai musisi yang matang  sekaligus mahir.

- Advertisement -

“Saya belajar  biola sejak umur lima tahun. Kursus privat dengan maestro Adidharma Widjaja (alm) seminggu sekali,” katanya lewat percakapan online.  “Enam hari sisanya dilatih ayah saya, Ade Kemala di rumah. Saya les biola klasik selama 12 tahun,”  tambah Marcella.

Menurut Marcella,  pengenalannya terhadap biola lantaran dipaksa sang ayah,  Ade Kemala.

“Ia sangat keras mendidik saya. Jika tidak latihan, saya  akan dikurung di gudang, disentil, dicubit, dipukul,” lanjut perempuan berambut indah ini.

“Saya pernah memutuskan untuk berhenti main biola. Karena kesal, casing biola beserta isinya diinjak oleh ayah saya sampai remuk,” ungkap Marcella  mengenang kisah lalu.

Profesional Sejak Muda

Marcella menyebut kerja profesionalnya sebagai musisi dimulai  dari usia muda, tatkala  ia pertama kali  tampil di TV pada usia 8 tahun lewat  acara “Jaya Suprana Show”  dan  berduet dengan Jaya Suprana.

Perjalanannya sebagai musisi muda dilanjutkan bergabung dengan orkestra  pada National Youth Orchestra di usia muda, 13 tahun.

Kemudian  ia berkarir sebagai pemain biola termuda Jakarta Concert Orchestra. Lalu sebagai concert master dan solist di Twilite Youth Orchestra di usia 16 tahun. Perjalan membuatnya  bergabung dengan berbagai orkestra lainnya.

Sebagai pemain mahir, ia juga mengikuti serangkaian festival. Dan meraih posisi pertama 1st winner solo violin competition “Year of Metamorphosys” pada tahun 1993, dan memperoleh  posisi 2nd winner,  National Mozart Violin Competition 2006

Baca Juga :  Meski Masih Berduka, karena wafatnya Donny Suhendra, Dwiki Dharmawan Tampil Di  Bosnia

Dengan keahlian yang lebih dari cukup, Marcella  dikenal  cukup luas di lingkungan musik. Ia pun sempat mengisi musik  untuk berbagai film bioskop, dengan composer musik film Tya Subyakto.

“Akhir-akhir ini, saya paling banyak bermain biola sebagai solist di Erwin Gutawa Band karena merasa sangat nyaman.

Sebagai pemain biola perempuan yang cukup langka, Marcella punya ciri khas kuat di atas panggung. Selainkan memamerkan skill  permainan yang di atas rata-rata,  ia selalu  tampil   anggun juga seksi.

Namun, siapa menduga di balik kemahirannya memainkan dawai biola, sebetulnya  ia bergelar dokter  umum lulusan Universitas Atma Jaya(2013),  sekaligus pemegang Gelar Master Management dari Prasetya Mulya (2015).

Ia pun pernah praktek dokter di RSUD Amurang Minahasa dan RS Wolter Monginsidi Manado.

“Namun, sekarang untuk sementara, saya memilih pekerjaan yang lebih flexible demi keluarga. Mungkin suatu saat nanti saya kembali praktek.”

Marcella menyebut, Ayahnya sangat menginginkan dirinya menjadi pemain biola namun tidak terwujud. Sementara sang Ibu bercita-cita menjadi dokter namun tidak kesampaian.

“Dan jadilah saya wujud dari cita-cita dari kedua orangtua saya. Menjadi pemain biola sekaligus menjadi dokter!”

Marcella  mengaku baru merasa cinta kepada biola ketika terjun ke dunia showbiz. “Saya cinta bermain biola karena bermain musik adalah terapi untuk menyembuhkan diri sendiri dan penonton. Bermain biola itu seperti bernafas untuk saya,” ujar  Marcella yang juga .

Ketika ditanya, apa tantangan terberatnya sebagai musisi biola yang sekarang laris diundang mengisi berbagai acara, Marcela  menyebut, ”membagi waktu dengan keluarga karena jadwal saya sangat padat!”

“Jika jari  saya menjadi kapalan atau dagu saya menjadi hitam, karena tertekan chin rest dalam waktu yang lama,  itu malah  menjadi pride saya. Karena ini artinya  banyak latihan,” ungkapnya mengakhiri percakapan.

marcella paduan piawai dan anggun
marcella paduan piawai dan anggun
marcella aprilia
marcella aprilia
marcella dan biola
marcella dan biola
marcella di pentas chrisye live by erwin gutawa
marcella di pentas chrisye live by erwin gutawa
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -