25.2 C
Jakarta
Tuesday, July 27, 2021

Ria Prawiro Gandeng Mark Pattie Suarakan “Tetap Cinta”

Masih ingat Ria Prawiro, penulis lagu, produser, pemilik Kariza Production yang popular di era 80-90 an?

Di tahun1986, Ria terkenal dengan lagu ciptaannya berjudul “Gusti“ dibawakan Euis Darliah. Lagu itu masuk sebagai finalis di ajang Festival Lagu Pop Nasional. Dan di tahun 1987, lagu “Kalau” ciptaan Ria masuk dalam album soundtrack film “Catatan Si Boy 1   .

Di masa lalu, Ria kerap berkarya dengan soulmate-nya pencipta lagu Dodo Zakaria (alm). Karya keduanya sering dinyanyikan Vina Panduwinata.

Tiga judul di antaranya adalah “Kekuatan Cinta”, “Engkaulah Tuhan” dan “Cinta yang Terakhir”. Ketiga lagu tersebut diaransemen ulang untuk direkam  oleh band  milenial Close Friends  dirilis pada April 2021.

- Advertisement -

Lama tak terdengar kabarnya, Ria Prawiro kini kembali berkarya  di dunia musik.  Merilis lagu baru. “Pada tanggal 16 Juni 2021, tepat pukul 16.06 WIB,  (sesuai tanggal hari itu Red), saya mengedarkan single “Tetap Cinta” dinyanyikan Mark Pattie,” ungkap Ria Prawiro di tengah acara rilis via zoom single terbarunya tersebut.

Stress dan Berhenti Menulis Lagu

Seusai Dodo Zakaria, wafat pada tahun 2007,  Ria mengaku sebetulnya pernah berhenti menulis lagu.

“Saya sempat melewati fase despresi, duduk berjam jam  di depan piano tanpa bisa ngapa-ngapain! Padahal sebelum wafat, Dodo pernah bilang, jangan berhenti berkarya. Tapi justru ketika ia wafat, saya  malah  ngak bisa  berkarya,” katanya mengenang.

Namun  di awal  tahun 2021, mendadak Ria seperti mendapat semangat baru  .  

“Nggak tahu apa alasannya, saya bisa berubah. Saya main piano, dan mulai menulis lagu lagi. Salah satunya  berjudul “Tetap Cinta”.   

Lagu  ini diserahkan  Ria  kepada Music Director,  Gihon  Lohanda.  Menurut Gihon,  lagu yang ditulis Ria tersebut sudah  merupakan lagu jadi.

“Saya tinggal poles sedikit. Sekitar tiga jam kelar,”   ungkap Gihon sambil menyebut, karakter musik di lagu ini sangat berbeda dari karya Ria terdahulu, yang penuh kelokan chord progresif.

“Tetap Cinta” adalah  sebuah lagu pop garis keras, yang simple, manis  namun berkesan mahal,” kata Gihon.

Selanjutnya, “Tetap Cinta”  terdengar menjadi  superlative most radio-friendly,  terlebih menurut Ria  pada liriknya bukan semata  mata bicara tentang hubungan antara pasangan hidup atau  antara teman.

“Tetapi juga bisa bicara tentang Tuhan. Jadi lirik “Tetap Cinta” ini multiinterpretasi. Itu magisnya pesan sebuah lagu,’ ungkap Ria. Dan pesan semacam ini pula, yang kemudian menjadi ciri kuat Ria Prawiro saat menulis lirik lagu.

Penyanyi Milenial

Mark Pattie sebagai pelantun “Tentang Cinta”, sebetulnya bukan benar-benar penyanyi baru.

Anak dari musisi Butje Pattie ini, pernah ikut AFI Junior  juga The Voice. Sebagai penyanyi yang piawai melantunkan RnB, ia pernah berkolaborasi dengan rapper legendaris Saykoji dalam album HOPE.

Pada awal 2021, Mark dipertemukan dengan Ria Prawiro, seorang pencipta lagu sekaligus Producer Kariza Productions.

Adakah kenangan unik Mark selama rekaman single “Tentang Cinta”?

“Setiap take vocal wajib swab.  Dan di ruangan selalu tersedia full makanan!”  ungkapnya terbahak. Bahagia. XPOSEINDNESIA/ Foto : Dokumentasi Kariza Production

Mark Pattie, Penyanyi Baru Pelantun “Tetap Cinta” karya Ria Prawiro
Ria Prawiro dan Mark Pattie
Suasana Press Conference daring yang berlangsung, di Jakarta, 16 Juni 2021

Latest news

Related news