32.2 C
Jakarta
Saturday, December 3, 2022

Kumpulan Puisi Elena Zachnas : 55 Bukanlah Titik, Tapi Awal

- Advertisement -
- Advertisement -

Dijajaran penulis lirik nama Elena Zachnas, bukan nama baru. Ia pernah menerima order menulis lirik dari lagu yang diaransemen Tohpati. Setelah jadi lagu itu diberi judul “Gelap Kan Sirna” dinyanyikan oleh Chrisye (alm).

“Lagu itu sebenarnya untuk sinetro Badai Pasti berlalu versi sinetron,” kata Elena Zachnas suatu hari.

Untuk diketahui, Elena bisa terhubung dengan Chrisye, karena sedang bekerja di Bass Production dan beroeran sebagai manager Chrisye (1996-1998)

Dan hari ini, Elena Zachnas hadir lagi membawa karya baru dengan menerbitkan buku kumpulan puisi karyanya bertajuk “Aku dan Bukan Dia”.

- Advertisement -

Menurut Elena, buku kumpulan puisi ini tak mudah untuk diterbitkan. “Saya harus memberanikan diri untuk akhirnya meluncurkan karyanya ini setelah lebih 15 tahun menulis puisi,” ungkapnya di sebuah cafe di Jakarta Selatan, Kamis (27/10/22).

Ya, seperti diketahui, Elena menulis puisi sejak tahun 80-an, awalnya ia mengaku hanya nulis di Facebook, untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya. Salah satunya ya itu tadi karyanya bisa jadi lagu yang dinyanyikan Chrisye.

Keasyikan menulis puisi sejak remaja, membuatnya menghasilkan banyak tulisan. Sempat terpikir untuk dibukukan. Tapi kok ragu-ragum belum ada keberanian penuh.


“Bisa dibilang saya memimpikan buku ini lebih dari 15 tahun. Kenapa akhirnya saya terbitkan, karna saya pikir kita perlu jejak dalam hidup yang bisa kita ceritakan dan saya lakukan lewat puisi – puisi yang saya tulis ini,” kata Elena.


Elena meyakini, jika kita punya talenta kenapa tidak diwujudkan, agar bisa menjadi sebuah jejak dalam hidup.


“Akhirnya saya cari penerbit yang mau menerbitkan buku yang sesuai maunya saya, di sini saya egois. Saya bikin maunya kayak gini. Karena buku ini memang memperlihatkan tiga babak dalam kehidupan saya,” kata Elena

Keberanian untuk mempublikasikan karya-karya puisinya, muncul seiring bertambahnya usia dan kesiapan mental dalam melihat dan menjalin kembali seluruh karya yang pernah ditulis.

“Saya memilih puisi yang paling tepat untuk dapat diterima pembaca. Saya banyak didukung sahabat dan orang-orang terdekat,” ungkap Elena

Baca Juga :  Inilah "Kabinet Kerja" Pemerintahan Jokowi-JK

Elena mengaku jujur, salah satu tantangan terberat dalam menerbitkan buku ini, karena takut dengan respon dan komentar orang.

“Seperti respons Ibu saya usai membaca, tiba – tiba dia bilang kenapa begini? Dan aku bilang ke Ibu itu sebenarnya inilah tantangan terberat aku, menerima pertanyaan orang,” ungkap Elena.

Di samping harus kuat mental menerima pertanyaan, Elena juga harus kuat menerima penilian orang tentang karya ini.
“Seperti kemarin ada yang bilang kirain puisi tentang cinta, tetapi kok ini puisi sedih. Tapi ya buat aku terserah saja untuk menilai,” Elena.

Bicara cover buku kumpulan puisi ”Aku dan Bukan Dia” adalah ilustrasi gambar seorang perempuan yang tengah menatap ke atas dimana di sana terlihat cahaya.

“Ini sebetulnya diambil dari foto saya waktu di Bali. Kenapa ini yang dipilih, ini sebetulnya untuk menggambarkan kalau kita percaya bahwa dalam suasana gelap, ketika terlihat ada cahaya pasti ada harapan. Begitu makna cover ini,” kata Elena yang pernah rutin menggarap podcast di akun Instagram miliknya.

Buku kumpulan puisi “Aku dan Bukan Dia” berisi 55 puisi karya Elena yang menandakan panjang usianya.

Buku perjalanan jiwa yang terus mencari, yang dirangkai dalam tiga babak. Tiap puisi dijalin seperti penggalan kisah, seperti buku harian suatu pergulatan jiwa atas makna hidup yang dijalani.

Dalam “Aku dan Bukan Dia”, Elena menulis tentang dirinya dengan lembut dan hati-hati. Lima puluh lima bukanlah titik, melainkan sebuah perjalanan baru. Ada gurat kesedihan di situ, ada air mata yang tak terlihat, dan juga seperti ada cinta yang terselubung dan tak bisa dikejar lagi.

Kisah dan puisi Elena, bukan semata miliknya, Ini kisah tentang kita.

Tertarik memiliki buku ini, bisa didapat via e-commerce dengan harga Rp.78.000, – atau kontak via web milik Elena http://www.elenazzachnas.com XPOSEINDONESIA-NS Foto Muhamad Ihsan

aku dan bukan dia – kumpulan puisi elena zachnas 01
aku dan bukan dia – kumpulan puisi elena zachnas 01
aku dan bukan dia kumpulan puisi elena zachnas 02
aku dan bukan dia kumpulan puisi elena zachnas 02
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -