Tutup, Segel dan Air Kemasan Galon Dipalsukan. YLKI : Produsen Harus Responsif

- Advertisement -
- Advertisement -

Menanggapi peristiwa terkait adanya pemalsuan tutup botol Aqua yang terjadi di Banten, Anggota Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tubagus Haryo mengatakan, “Apa yang dilakukan pelaku telah mencederai hak-hak konsumen!”

Karena itu, Tubagus setuju kepolisian mempublikasi kejahatan pelaku, “agar masyarakat tahu adanya kasus pemalsuan. Dan harus lebih waspada terhadap kualitas air dalam kemasan berbentuk galon,” katanya

Menurut Tubagus, walaupun botol galon resmi, dan memiliki segel resmi, “Tetapi justru air minum dalam kemasan galon yang tidak keluaran pabrikan. Sehingga jelas konsumen yang dirugikan!”
Tubagus mengusulkan, produsen air kemasan galon seharusnya lebih responsif dan mau mengevalusi seluruh mata rantai distribusinya. “Dan sudah seharusnya para distributor memiliki lisensi,” tutur Tubagus

- Advertisement -

Dalam padangan Tubagus, evaluasi terhadap mata rantai distribusi, perlu secara rutin dilakukan, agar konsumen juga paham, “jika mereka mengajukan keluhan terhadap kualitas keaslian dari barang yang dikonsumsi, mereka paham harus ke distribusi yang mana!”

Dalam pengamatan Tubagus, selama ini air minum dalam galon memang termasuk yang sangat rentan dengan pemalsuan. Untuk mencegah pemalsuan dan penipuan yang terus menerus melebar, Tubagus menyarankan produsen mau melakukan modifikasi design pada kemasan maupun tutup botol dan segelnya.

“Berarti harus ada model-model tutup botol dan segel lain yang dibuat oleh Produsen, yang dipakai dalam kurun waktu tertentu. Sehingga dengan begini, tidak terkejar oleh para pelaku pemalsuan.”

- Advertisement -

Dalam pandangan Tubagus, jika pemalsuan segel dilakukan, “Saya kira itu persoalan internal mereka, seharusnya segera dilaporkan ke kepolisian, sehingga bisa ditindak!”

Produsen menurut Tubagus, wajib mengedukasi konsumen, tentang bagaimana cara memilih produk yang asli dan terjamin.

“Bahkan mungkin Produsen bisa membuka bulan pengaduan khusus, kalau memang dikhawatirkan fenomena pemalsuan terjadi di daerah lain!” XPOSEINDONESIA Foto : Dudut Suhendra Putra

botol galon 01 dsp
botol galon 01 dsp
botol galon 02 dsp
botol galon 02 dsp
tubagus haryo anggota pengurus harian yayasan lembaga konsumen indonesia ylki
tubagus haryo anggota pengurus harian yayasan lembaga konsumen indonesia ylki
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -