28.9 C
Jakarta
Rabu, Februari 28, 2024

Ressa Herlambang Come Back Digarap Baliyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Masih ingat Ressa Herlambang? Tentu ingat ya. Karena nama penyanyi ini sangat kuat dengan julukan Justin Timberlake-nya Indonesia. Selain itu, ia juga dapat julukan penyanyi R&B pria terbaik dan pernah masuk ajang musik Asia Bagus 1999.

Hari ini, 6 April 2023, pukul 17.00 WIB, Ressa  Herlambang  come back dengan merilis single bertajuk “Maafkan” yang musiknya digarap oleh Baliyanto Wahyudi.

Video Musik “Maafkan”  ditayangkan via channel Youtube Ressaherlambangchannel dan clickesound.id.

- Advertisement -

Via akun instagramnya  Ressa Herlambang, memohon support pada followernya untuk mendukung rilisnya lagu tersebut.

“Semoga bisa mengobati rindu  dan terutama untuk  seluruh pencinta  lagu “Maafkan” yang sudah banyak request. Ini buat  kalian semua, keluarga dan sahabat Ressa,” begitu tulis penyanyi yang pernah hits dengan lagu lagu dance, salah satunya bertajuk “Baby I Love You”

Remake Tentang Hati

- Advertisement -
Menyalin

Lagu “Maafkan” sejatinya bukan lagu baru yang direkam dan diedarkan Ressa. Lagu ini sempat masuk  ke dalam album Ressa berjudul The Real Me (Repackage 2007). Artinya lagu ini sudah berumur 15 tahun.

”Di tahun 2023, kita remake karena ini salah satu lagu favorite aku, dan juga merupakan lagu pertama yang ikut aku ciptakan bersama  musisi  legend  Baliyanto Wahyudi dan Ryan Idola,” kata Ressa via pesan whastapp.

Di tempat terpisah, musisi Baliyanto mengaku, lirik lagu tersebut sesungguhnya tercipta  pada tahun 2007 berdasarkan pengalaman pribadi Ressa Herlambang.

Liriknya  berkisah tentang  permohonan maaf  kepada seseorang yang telah dilukainya.

”Lirik  ini terinspirasi dari kisah cinta Ressa sama pacarnya,” kata Baliyanto.

Baca Juga :  Seru! Astri Garap Video Klip Runaway dari Rumah

Dan pemilihan judul Maafkan dianggap tepat,  “karena hanya kata itu yang bisa diucapkan Ressa untuk sang mantan saat itu,” ungkap  Baliyanto yang ditahun 1990-an banyak menulis lagu untuk Lisa Ariyanto Sheila Majid lain-lain,  juga mengaransemen lagu untuk Dewi Yul dan Poppy Mercury.

Proses kreatif penulisan lagu ini dimulai dari Baliyanto yang membuat notasi lagu, dengan sedikit lirik.   

“Lalu Ressa dan Rian Idola ikut sama-sama menyelesaikan lagu,” ujar Baliyanto menjelaskan.

“Maafkan” versi awal atau versi tahun 2007, menurut Baliyanto digarap dalam  format full band dan orchestra yang digarap Oni Krisnerwinto.

“Sementara ”Maafkan” dalam versi  tahun 2023,  saya  garap lebih minimalis dan  terdengar  jauh lebih deep dan juga catchy,” ungkap Baliyanto kelahiran 15 Desember 1969.

Baliyanto menyebut musik “Maafkan” dikerjakannya sendiri dibantu Alif (session guitar dari Geisha Band) dan Dito Hakim salah satu komposer muda berbakat yang  juga turun membantu  dalam banyak hal.

Menurut cerita Baliyanto, proses rekaman berjalan cepat.  Ia menduga, karena lagu ini sudah menempel kuat dalam jiwa Ressa  yang sejak pertama memang sudah suka lagu tersebut.

Namun, kata Baliyanto, bagian tersulit dari penggarapan “Maafkan” versi baru adalah, ia harus  mengubah cara bernyanyi  Ressa dari versi lama yang bergaya R&B ke versi pop hari ini.

“Trend musik sudah berubah. Jadi Ressa juga harus menyesuaikannya dengan musik yang baru. Saya memang nggak mau  mau  Ressa bernyanyi dengan gaya lama yang  sangat R&B,” ungkap Baliyanto menutup percakapan. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -