31.3 C
Jakarta
Thursday, August 11, 2022

Alonzo Brata, Sebuah Alternatif Baru Menikmati Jazz Indonesia

- Advertisement -
- Advertisement -

Penyanyi Jazz muda Alonzo Brata (18 tahun) menggelar konser tunggal. Konser ini dibuat bertepatan dengan rilis single perdana berbahasa Indonesia “Bersama Dirimu” (Strollin’ Down the Avenue) di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, pukul 20.00 WIB, 29 Juli 2022.

Di atas panggung, terlihat Alonzo Brata dengan suara bariton, tampil lebih matang dan lebih percaya diri. Apalagi jika dibanding saat ia tampil memeriahkan peringataan hari Jazz Internasional, 30 April 2022 di Sarinah Thamrin.

Alonzo membawakan 12 lagu dalam aransemen jazz, satu di antaranya adalah single terbaru “Bersama Dirimu” (Strollin’ Down the Avenue). “

“Lagu ini diciptakan Nial Juliarso dan liriknya ditulis Mari Kartika,” kata Alonzo dalam bahasa Inggris, sambil memanggil pianis Nial Jularso bergabung ke balik keyboard di atas panggung.
Dan lagu jazz pop yang memakai lirik bahasa Indonesia itu pun mengalir dengan mulus.

- Advertisement -

Kemudian satu demi satu lagi jazz standard, diperdengarkan Alonzo Brata sepanjang lebih kurang 45 menit non-stop. Ada pula Sandhy Sondoro “menyelinap” berduet.

Para penonton terhibur dan bertepuk meriah, tiap kali ia mengakhiri lagu dengan timbre suara terdengar senada dengan milik Frank Sinatra dan Nat King Cole.

“Dia masih muda. Sudah oke. Sudah Bagus. Perlu latihan terus dalam mendalami soul bernyanyi jazz,sekaligus berkomunikasi dengan penonton,” kata Penyanyi dan Pencipta Lagu Senior Titik Hamzah yang menjadi penonton malam itu.

Tantangan Besar Alonzo


Lahir di Jakarta pada tanggal 2 August 2003, Alonzo mulai belajar music sejak umur 4 tahun di Yamaha Music School dan mengambil dasar piano.

Alonzo menggemari beragam tipe musik mulai dari Jazz sampai dengan synthwave. Ia banyak membuat lagu cover dari suara Frank Sinatra, Nat King Cole dan lain-lian yang disimpannnya di Youtube.

Baca Juga :  Fortone Melejit Karena Gila

Menurut Nial Juliarso, Alonzo bakal tumbuh menjadi penyanyi hebat. Dan soal berkomunikasi dengan penonton memang menjadi tantangan yang harus ditaklukan Alonzo

“Terutama karena penguasaan bahasa Indonesianya masih terbatas dan ia lebih fasih berbahasa Inggris. Moga-moga ia bisa meningkatan kemampuan dalam hal ini!”, ungkap Nial, pencipta lagu “Bersama Dirimu” (Strollin’ Down the Avenue).

Kata Nial, “Bersama Dirimu” (Strollin’ Down the Avenue) diyanyikan Alonzo dalam dua versi lirik : Indonesa dan Inggris. Di tahap awal, yang beredar adalah lirik bahasa Indonesia. Sekarang sudah bisa disimak di seluruh toko music digital, seperti Spotify dan lain-lain.

“Nanti, akan diedarkan dalam bahasa Inggris juga. Ini lagu lama yang saya ciptakan, sekitar 15 tahun lalu. Lagu itu baru bisa punya lirik setelah bertemu Mama Alonzo, Ibu Mari setahun lagu,” kata Nial.

Nial memuji warna suara rendah Alonzo saat bernyanyi. Menurut Nial, timre ini terbatas dimiliki penyanyi di Indonesia.

“Dulu ada Bob Tutupoly dan Broery, kini ada Adi Karaf dan Alonzo. Timre ini kekuatan istimewa Alonzo,” kata Nial yang banyak membantu Alonzo dalam setahun terakhir ini baik untuk manggung maupun rekaman.

Nial tidak menampik, jumlah penikmat dan pendengar jazz di Indonesia masih terbatas.
Nial melihat apa yang dilakukan Alonzo, mungkin saja tidak akan ‘semeledak’ sukses yang diperoleh Afgan, Raisa dan Tulus.

“Tetapi setidaknya, Alonzo telah melakukan sesuatu yang langka dibuat industri rekaman. Agar masyarakat punya alternatif dalam mendengar musik!” kata Nial. XPOSEINDONESIA-NS Foto : Muhamad Ihsan

More Pictures

alonzo brata bersama sandhy sondoro
alonzo brata bersama sandhy sondoro
alonzo
alonzo
alonzo bersama sandy sondoro 1
alonzo bersama sandy sondoro 1

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -