30.1 C
Jakarta
Thursday, September 23, 2021

Jejak “Tetap Cinta” Ria Prawiro untuk Musik Indonesia

- Advertisement -
- Advertisement -

Di pertengahan tahun 2021, Ria Prawiro  muncul lagi  di  industri musik  rekaman Indonesia, sebagai pencipta lagu  sekaligus produser Kariza Productions.

Ria memperkenalkan karya terbaru  berjudul “Tetap Cinta” yang dinyanyikan Mark Pattie. Sementara aransemen lagu dikerjakan musisi muda Gihon Lahonda.

“Saya sudah bekerja sama lebih dari 10 tahun dengan Gihon. Sementara dengan Mark, memang baru bertemu dan bekerja sama lewat lagu ini,” ungkap Ria Prawiro dalam wawancara daring.,

 Single  “Tetap Cinta” yang bernuansa  adult contemporary  ini  dirilis pada Juni  lalu dalam sebuah _press conference_ daring.  Lagu ini  terdengar  sangat pas dengan karakter vokal Mark.  “Saya kenal Mark dari Gihon. Sekali lihat dia, langsung  cocok,” ungkap Ria.

- Advertisement -

Mark sendiri mengaku sangat bersyukur terpilih menjadi  penyanyi di lagu itu. “Yang pasti aku ngerasa bersyukur banget diberi kepercayaan untuk menyanyikan lagu ini oleh Mama Ria Prawiro,” ungkap Mark Pattie  yang  pernah terlihat di ajang The Voice Indonesia  2016.

Pada lagu “Tetap Cinta” terlihat jelas kepiawaian Ria Prawiro dalam memilih penyanyi. Walaupun ada gap usia antara dia  dengan Mark yang lahir di Jakarta  20 Maret 1997 ini, namun Ria dengan cukup jeli menjadikan lagu  tersebut terdengar dengan nuansa kekinian.

Berikut rekaman jejak  perjalanan Ria Prawiro sepanjang 35 tahun lebih, di industri musik  juga  industri fashion Indonesia :

  • Dan mulai berkecimpung jadi pencipta lagu sejak tahun 1980an. Ria menulis lagu berjdul “Gusti”, dinyanyikan Euis Darliah dan dibawakan dalam ajang Festival Lagu Pop Nasional 1986.
  • Masih di tahun 1986,  Ria menulis lagu berjudul “Kawan”, dibawakan Vina Panduwinata. Lagu ini masuk dalam album  rekaman  berjudul “Cinta” milik Vina.
  • Tahun 1986 Ria mengadakan pagelaran fashion show yang menggabungkannya dengan musik, berjudul KARIZA.  Sejumlah penyanyi diibatkan antara lain  Vina Panduwinata, Euis Darliah dan alm. Gito Rollies
  • Tahun 1987 Ria kembali  membuat pagelaran busana berjudul “Sejuta Kharisma Kariza”. Ini adalah lanjutan fashion show yang lebih kolosal dari tahun sebelumnya, dengan menampilkan musik karya Ria. Beberapa penyanyi dilibatkan, yakni Vonny Sumlang,  (alm) Yopie Latul,  (alm) Utha Likumahuwa, (alm). Gito Rollies dan Trio Libels.
  • Tahun 1987, Ria merilis lagu “Kalau” yang dinyanyikannya sendiri. Lagu ini termuat dalam  album soundtrack film “Catatan Si Boy 1”
  • Tahun  2000,  membuat konser “15 Years of Composition”, menandai  15 tahun Ria berkarya di dunia musik Indonesia.
  • Tahun  2001   merilis album berjudul “Bawa Daku “ dengan penyanyi Vina Panduwinata yang lagu-lagunya diproduksi bersama alm. Dodo Zakaria
  • Tahun 2002 merilis album anak-anak berjudul “Vina For Children”, yang dibawakan Vina Panduwinata. Album anak-anak ini  diproduksi sebagai kepedulian Ria, karena minimnya lagu anak yang sesuai dengan bahasa anak-anak.
  • Tahun 2003 merilis album rohani berjudul “Tuhan Pegang Tanganku” dibawakan Rio Silaen.
  • Tahun 2010 merilis album “Kekuatan Cinta” dengan penyanyi Vina Panduwinata
  • Tahun 2017 Ria  merilis album Pop Crossover Group vokal Lib3ro dalam mini album berjudul “Kita”
  • Tahun 2018 memproduksi album bergenre big band  dengan mengandeng Ruth Sahanaya sebagai penyanyi, dalam album berjudul “Rinduku” . Gihon Lohanda  yang telah bekerjasama dengan Ria sejak tahun 2011, bertindak sebagai Music Producer  dalam kedua album tersebut .
  • Tahun 2019 merilis single rohani “Tuhan Setia” dengan penyanyi Umbu Kaborang
  • Tahun 2020 merilis single “Setia” yang bercerita tentang cinta tanah air dengan penyanyi Gabriel Harvianto. Masih di tahun yang sama, single rohani “Suaramu” dirilis dengan penyanyi Sari Simorangkir
Ria Prawiro bersama Gihon Lohanda, musisi muda yang menjadi soulmatenya sekarang
Ria Prawiro muncul lagi  di  industri musik  rekaman Indonesia, sebagai pencipta lagu  sekaligus produser dari Kariza Productions.
Ria memperkenalkan karya pop terbaru berjudul “Tetap Cinta”
Bersama Mark Pattie, penyanyi milenial berdarah Ambon
Mark Pattie dipercaya membawakan lagu “Tetap Cinta”
Baca Juga :  Superioritas Achmad Albar dalam Launching Album Egon’s Project & Reka Rela
Baca Juga :  Erros Djarot Rilis Album Religi Bukan untuk Syiar
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -