33 C
Jakarta
Wednesday, October 20, 2021

HaloPuan Memasuki Kantong Stunting Terbesar di Jawa Barat

- Advertisement -
- Advertisement -

HaloPuan  kembali melakukan Gerakan Melawan Stunting, di  Desa Sukajaya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada 2 Oktober 2021, Sebelumnya  kegiatan yang sama juga digelar di Desa Tegalangus, Kabupaten, Tangerang, Banten.

Dihadapan  puluhan masyarakat, di mana di antaranya terdapat  10 orang Ibu Hamil, dan 20 balita stunting, Relawan HaloPuan yakni,  Poppy  Astari  membuka pidato dengan memperkenalkan  Gerakan HaloPuan Melawan Stunting.

“HaloPuan  adalah  sebuah lembaga di bawah  Ibu Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI, yang mana  beliau menyadari banyak persoalan di tengah  masyarakat, yang sebenarnya bisa diselesaikan kalau  masyarakat mau bekerja sama untuk melihat masalah dan menyelesaikannnya secara bergootng royong, salah satunya adalah menyelesaikan masalah stunting,” ungkap Poppy.

Poppy menyebut, menurut data  Bulan Penimbangan Balita (BPB) pada Februari 2021, di Kabupaten Garut, pada sejumlah kecamatan terdapat angka balita stunting mencapai lebih daripada 20 hingga 30%.

- Advertisement -

“Di Desa Sukajaya sendiri, menurut data BPB pada periode yang sama, terdapat 24 balita yang terindikasi mengalami stunting,” kata Poppy.

Sebagai orang tua, masih kata Poppy, tentunya kita menginginkan anak anak kita tumbuh dengan sehat,  tidak sakit sakitan dan dapat beraktivitas dengan gembira. 

Baca Juga :  E-Cigarette : Sensasi Merokok yang Berbeda

“Di  dalam program Halo Puan, kita mencoba mencari tahu bagaimana mengatasi  stunting, ternyata  dari berbagai penelitian kelas dunia, kita telah menemukan cara, salah satunya dengan mengkonsumsi daun kelor. Daun kelor selama ini kita kenal untuk mengusir setan, tapi ternyata juga bisa mengusir gizi buruk!” ujar Poppy.

Lebih lanjut  Poppy menjelaskan, Gerakan HaloPuan meliputi sosialisasi tentang dampak buruk stunting dan bagaimana pencegahannya, sosialisasi manfaat bubuk daun kelor sebagai asupan makanan tambahan super, pembagian bibit kelor, dan monitoring yang dilakukan relawan posyandu setempat.

Gerakan Melawan Stunting ini didukung pemerintah setempat, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Anggota DPRD Kabupaten Garut Yudha Puja Turnawan, dan Anggota DPR RI Dapil Garut Tasikmalaya, Dony Maryadi Oekon.

Dalam sambutannya, DPC PDI Perjuangan  Kabupaten Garut  Yudha Puja Tunawan menyebut, sangat mengapresiasi Gerakan HaloPuan ini,  

“Karena  angka  balita stunting di Garut sangat tinggi, di  tingkat Nasional, Garut masuk  peringkat tiga tertinggi. Saya berharap Gerakan HaloPuan bukan hanya  masuk  ke desa Sukajadi ini. Tetapi  juga mau meluas ke desa lain yang juga tinggi angka balita stuntingnya!” ungkap Yudha Puja Tunawan . XPOSEINDONESIA Foto : Dudut Suhendra Putra

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -