27.9 C
Jakarta
Thursday, December 2, 2021

Se’i : Viral & Bikin Nagih

- Advertisement -
- Advertisement -

Makanan Khas Nusa Tenggara Timur, Se’i,  belakangan ini tengah viral di media sosial. Se’i sendiri merupakan daging asap yang diolah dengan bumbu tertentu dan menghasilkan cita rasa yang kaya dan bikin nagih.

Kini, Se’i bukan haya bisa bisa dicicipi di NTT,  namun kelezatannnya juga bisa menikmati di beberapa restoran yang ada di Ibu Kota.

Salah satu restoran yang memiliki specialty menu Se’i lezat adalah RAJA SE’I, restoran Se’i milik public figure Rizky Billar.

RAJA SE’i sendiri telah memiliki 30 outlet yang tersebar di Jabodetabek dan berhasil mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat.

- Advertisement -

“Kami berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mengembangkan dan melestarikan kuliner Indonesia. Oleh karena itu, kami selalu mencari cara untuk memudahkan masyarakat mengonsumsi makanan ini. Demi memberikan kemudahan pada pelanggan pula, kami telah bekerja sama dengan layanan pembayaran digital ShopeePay untuk memberikan promo Cashback 100% pada kampanye Shopee Mantul Sale yang berlangsung 25-27 Oktober dan ShopeePay 11.11 Big Deals yang berlangsung 28 Oktober – 11 November,” kata Christopher Sebastian Iskandar, owner RAJA SE’I.

Seperti makanan khas daerah lainnya yang kerap memiliki cerita unik, Se’i ternyata juga menyimpan cerita unik di balik kelezatannya. Berikut 5 fakta unik mengenai Se’i dari RAJA SE’I.

Dari Nusa Tenggara Timur (NTT)

Tak hanya memiliki lanskap alam yang menakjubkan, NTT juga punya kuliner khas yang lezat. Se’i merupakan makanan hasil olahan khas dari Kabupaten Rote Ndao, sebuah kabupaten yang ada di wilayah NTT. Kabupaten Rote Ndao merupakan kabupaten paling selatan di Negara Republik Indonesia dan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kupang.

Arti Kata Se’i

Se’i sendiri berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil memanjang, lalu diasapi dengan bara api sampai matang. Se’i adalah makanan khas suku Rote, penduduk asli Pulau Rote. Makanan ini kemudian merambah selera masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dan populer hingga luar negeri.

Baca Juga :  Bandros = Icon & Kebanggaan Warga Bandung

Aroma dan Tekstur yang Memorable

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat NTT untuk mempertahankan kualitas daging sapi.

Sistem pengasapan ini juga menjadi salah satu faktor dibalik kelezatan Se’i dan menghasilkan aroma yang harum, tekstur yang empuk, dan rasanya yang lezat.

Makin Nikmat dengan Sambal & Sayuran

Sama halnya dengan makanan lain yang makin lezat saat dibuat pedas, Se’i pun makin nikmat jika dikombinasikan dengan sambal.

Salah satu sambal yang kerap dikombinasikan dengan Se’i adalah Sambal lu’at yang terbuat dari campuran cabai, jeruk nipis, dan daun lu’at. Tak hanya sambal, pelengkap lain seperti tumis bunga pepaya menjadikan Se’i semakin nikmat. Alternatif sambal yang juga bisa menjadi pilihan adalah sambal matah dan sambal terasi.

Se’i Kekinian

Se’i viral di media sosial, terutama oleh anak-anak muda. Kegemaran anak muda akan Se’i kemungkinan ada kaitannya dengan kombinasi-kombinasi unik dari Se’i yang menyesuaikan dengan tren sekarang.

Kini, kamu dapat menemukan olahan Se’i kekinian seperti Se’i Sapi, Se’i Ayam, dan Se’I Combo yang di sajikan dengan nasi daun jeruk, nasi putih, nasi jagung, nasi goreng, dengan saus mentai, saus black pepper, sambal matah, dan sambal ala raja serta di lengkapi dengan kangkung crispy dan terunik nya adalah Sushi Se’i. Salah satu restoran yang memiliki kombinasi Se’i’ yang lezat dan unik ini adalah RAJA SE’I.

Untuk mendapatkan menu-menu RAJA SE’I secara lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan cashback 100% dari ShopeePay. Cashback berlaku selama periode kampanye Shopee Mantul Sale pada 25-27 Oktober 2021 dan ShopeePay 11.11 Big Deals pada 28 Oktober – 12 November. Kamu juga bisa mendapatkan promo-promo yang ada di layanan pesan antar makanan ShopeeFood. XPOSEINDONESIA Foto : Dok.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -