25.3 C
Jakarta
Monday, June 21, 2021

Sandiaga: Target 1 Trilyun untuk KEK Singosari Terpenuhi di 2023-2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi KEK Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (22/5/2021). Ia menjanjikan  pembangunan  percepatan KEK Singosari segera terwujud.

“Harapannya ini bisa membangkitkan  semangat dan motivasi baru, karena COVID 19 ini memaksa kita untuk melakukan adaptasi dan inovasi,” ujar Sandiaga  dalam pidatonya. “KEK Singosari ini adalah KEK yang focus, pecah telor untuk Pariwisata dengan konsentarasi di Ekonomi Kreatif!” tambahnya.

Sandiaga menyebut, harapan  besarnya, “agar KEK mampu menghadirkan peningkatan keterampilan, upskilling dan reskilling untuk para milenial dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak yang mendampingi Sandiaga, dalam pidato sambutannya dengan halus menyebut, intinya KEK Singosari  telah masuk dalam Peraturan Presiden No 80, mengenai percepatan pembangunan di  antaranya di wilayah Jawa Timur.

“Untuk itu kami  berterima kasih kepada rekan rekan pelaku  sektor animasi, games dan perfilman,  yang telah hadir. Mereka menyampaikan komitmen, untuk segera menempati  digital studio, yang hari ini sudah mulai dilakukan pembangunan  dengan peletakan batu pertama. Dan  Pemrov juga akan mengembangkan kelas industry animasi.”

Mendengar  pidato itu, Sandiaga dengan cepat menjawab “Saya diberi tugas oleh Pak Wagub untuk segera merealisasikan, kebalik-balik kan sekarang pak, kepala jadi kaki-kaki jadi kepala. Tapi ada dua yang saya ingat, pertama adalah mengakselerasi, karena itu kita akan koordinasi dengan Satgas Percepatan investasi yang dikepalai Menteri investasi,” ungkap Sandiaga Uno.

 “Kedua kita akan mengadakan road show di paruh kedua dengan penyiapan Investments Memo agar pembukaan lapangan kerja itu kita bisa lakukan segera,” tambahnya.

Dan ketiga, lewat koordinasi yang terjalin antara seluruh stake holder, target investasi di KEK Singosari sebesar Rp 1 triliun pada tahun 2023-2024, diyakini dapat terwujud.

“Jadi tantangan tersebut saya terima, mudah-mudahan dengan bergandengan tangan, kolaborasi bisa kita wujudkan,” ungkap Sandiaga bersemangat

Untuk memulai langkah, Kemenparekraf bersama pemerintah daerah serta sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menginisiasi sejumlah kegiatan di KEK Singosari. Di antaranya pelatihan digital serta penyaluran pembiayaan yang tepat sasaran.

“Harapannya kebijakan pemerintah tersebut mampu memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga Uno.

“Tadi kita lihat anak-anak muda kita yang luar biasa, punya solusi-solusi yang berkaitan dengan ekonomi digital maupun produk-produk kreatif yang lain. Ini membuka mata kita bahwa kita punya potensi dan kita bisa bersaing untuk memulihkan ekonomi kita,” ucapnya.

Sandiaga meyakini, kawasan Singosari bisa menjadi Digital Hub, karena berkaitan dengan proximity. “KEK Singosasi dekat dengan eksosistem ekonomi digital yang sudah eksis di Malang dan sekitarnya. Ia juga dekat dengan Surabaya yang menjadi pusat kegiatan ekonomi terbesar kedua di Indonesia. Dengan jumlah populasi, 40 juta lebih di Jawa Timur, ini bisa mendukung produk produk ekraf, dan nanti berdampak pada pariwisata yang berkualitas!” ujar Sandiaga.  XPOSEINDONESIA Teks dan Foto : Dudut Suhendra Putra

Latest news

Related news