25.3 C
Jakarta
Monday, June 21, 2021

Anugerah Desa Wisata, Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Ada kemeriahan dan kegembiraan luar biasa, saat kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno ke desa wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang pada Sabtu (22/5/2021).

Sandiaga didampingi Bupati Malang Abah Sanusi juga penyanyi dangdut Denny Caknan dan Cak Percil, memperkenalkan event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI 2021) di Cafe Sawah, Desa Pujon Kidul.

Denny Caknan dan Cak Percil menghibur dengan lagu superhit “Los Dol” yang  dalam tayangan video klipnya di Youtube sudah di view sebanyak 122 juta kali. 

Lagu  jogetan karya Dahlan Efendi itu membuat Sandiaga didaulat berjoget sekaligus menyanyi dengan melirik contekan lirik melalui Ipadnya.

Kemeriahan hari itu tentu saja  dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Saat berkesempatan memberikan pidato,  Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Desa Wisata telah menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional di tengah Pandemi Covid-19. “Kemudian kita tindaklanjuti dengan penyelenggaraan ADWI ini,” terangnya.

ADWI  sendiri adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang berprestasi serta memiliki potensi. Ada puluhan ribu desa wisata di Indonesia.

“Salah satu desa wisata yang sukses,  ya ada di Pujon Kidul, Kabupaten Malang ini. Desa wisata lain bisa belajar dari sini. Apalagi desa ini sering  juga menjadi pilihan untuk belajar mengembangkan pariwisata,” jelas Sandi.

Bukti lain, Sandiaga langsung menunjuk Cafe Sawah  tempat penyelenggaraan acara hari itu, “Tadinya di tanah satu hektar ini  menghasilkan Rp 10 juta per tahun. Kini setelah disulap  dengan penempatan ekonomi Kreatif,  bisa menghasilkan 1,2 M per tahun. Alhamdulillah!”

Penilaian Desa Wisata

Sandiaga menyebut poin katagori penilaian ADWI 2021 sendiri meliputi beberapa hal. “Seperti fasilitas digital, akses jaringan, fasilitas pendukung lain termasuk toilet serta ramah lingkungan,” kata Sandi.

Sandiaga langsung mengajak seluruh lapisan masyarakat memilih desa wisata berpotensi lewat akun media sosial.

“Ayo kita sukseskan Anugerah Desa Wisata 2021 melalui tag di media sosial. Mungkin ada desa wisata berpotensi dan bisa diikutsertakan dalam ajang ini,” ungkapnya.

Di ujung acara, Menteri Sandiaga meresmikan Pamoedjan Oleh-Oleh Pujon Kidul. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita juga penandatanganan prasasti oleh Sandiaga. XPOSEINDONESIA Teks dan Foto : Dudut Suhendra Putra

Kemeriahan Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang
Danny Caknan, penyanyi dangdut yang melejit dengan lagu berbahasa jawa
Denny Caknan dan Cak Percil dalam Los Dol
Sandiaga Uno menjelaskan bahwa Desa Wisata telah menjadi Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional di tengah Pandemi Covid-19.
Kesenian Rakyat di tengah acara
Sandiaga Uno bersma masyarakat Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang
Prasasti Gedung Tourist Infromation Center & Pamoedjan Oleh Oleh
Penandatanganan Prasasti

Latest news

Related news