Saat Pembukaan PON XX, Ada Pertunjukan Kembang Api di Dua Tempat Sekaligus

- Advertisement -

Kembang Api Pembukaan

Seperti diketahui,  pada pembukaan dan penutupan PON akan hadir Nolimits Fireworks yang akan menghadirkan kembang api

Menurut Donny Rochyadi CEO Nolimits Fireworks , ada yang istimewa dan berbeda dari  penyelenggaraan pembukaan PON XX di Papua  kali ini, “Acara pembukaan, akan dilaksanakan di dua  tempat berbeda, yakni di stadion Lukas Enembe dan di atas  Jembatan Merah di atas Teluk Youtefa,” ungkap Donny membocorkan rencana.

Penyelenggaraan PON juga diharapkan dapat membantu mendongkrak perekonomian Papua dan memberdayakan pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif. Khususnya pada rangkaian upacara pembukaan dan penutupan PON.

- Advertisement -

“Hal ini ditunjukkan pada sebanyak 25 ribu noken produk kreatif griya Papua yang sudah disiapkan sebagai merchandise untuk para atlet dan ofisial PON. Serta ratusan pekerja ekonomi kreatif di bidang event dilibatkan baik sebagai pengisi acara maupun kru di balik layar,” kata Sandiaga.

Selain itu, penyelenggaraan PON diharapkan dapat mendukung berkembangnya pariwisata berbasis komunitas kreatif seperti yang dihadirkan anak-anak muda di Desa Wisata Kampung Yoboi.

“Harapan kita ke depan, bahwa setelah PON atau di tengah penyelenggaraan PON ini destinasi berbasis komunitas yang menawarkan ekonomi kreatif akan tumbuh dan mengambil peluang ini,” kata Sandiaga.

- Advertisement -

Sementara Jonni BS Nugroho selaku Event Director Pelaksana Opening dan Closing PON XX menjelaskan, lebih dari 3.000 pekerja, mulai dari kru kreatif hingga produksi dan panitia. Selain itu juga dilibatkan lebih dari 1.000 pengisi acara.

“Untuk penari, 100 persen adalah talenta-talenta lokal Papua. Kita targetkan pelaksanaan PON XX ini sebagai pilot project penyelenggaraan event dalam kondisi pandemi,” kata Jonni.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi; serta Direktur Event Nasional dan Internasional, Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati. XPOSEINDONESIA Foto : Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -