Presiden RI Ajak Pemimpin ASEAN Nikmati Sunset di Labuan Bajo

- Advertisement -
- Advertisement -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam dari atas kapal pinisi di perairan Pelabuhan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan Presiden Jokowi selepas rangkaian acara sidang pleno dan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di hari yang sama, rampung dilaksanakan.

Presiden Jokowi awalnya menunggu rombongan pemimpin ASEAN bersama para pendampingnya tiba di Hotel Meruorah sebelum mobil mereka bertolak ke dermaga Marina Labuan Bajo menuju kapal pinisi yang akan ditumpangi.

- Advertisement -

Sekitar pukul 16.51 WITA, iring-iringan para pemimpin ASEAN tiba di dermaga Marina Labuan Bajo, dipimpin mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana kemudian segera naik ke geladak kapal pinisi yang disiapkan untuk menikmati suasana matahari tenggelam, disusul Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah yang tiba didampingi Pangeran ‘Abdul Mateen.

Sesudahnya secara bergantian satu per satu pemimpin ASEAN secara bergantian naik ke geladak kapal pinisi.

- Advertisement -
Menyalin

Di atas geladak kapal pinisi, telah disediakan kursi-kursi yang disusun melingkari meja sebagai tempat para pemimpin ASEAN dan pendampingnya bercengkerama menghabiskan senja.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara duduk di kursi paling tengah geladak, tepat bersinggungan dengan tiang utama layar kapal pinisi.

Lantas searah jarum jam, duduk mengitari meja adalah Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bersama pendamping, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. bersama pendamping, PM Singapura Lee Hsien Loong bersama pendamping, serta PM Timor Leste Taur Matan Ruak bersama pendamping.

Baca Juga :  Lima Komitmen Usulan Indonesia untuk Kerja Sama Regional Pariwisata

Selanjutnya, Deputi PM sekaligus Menteri Luar Negeri Thailand Don Don Pramudwinai, PM Laos Sonexay Siphandone bersama pendamping, Sultan Hasanal Bolkiah bersama Pangeran ‘Abdul Mateen, PM Vietnam Pham Minh Chinh, dan PM Kamboja Hun Sen yang tepat bersebelahan dengan Presiden Jokowi melengkapi konfigurasi lingkaran.

Setelah awak media yang mengambil foto suasana para pemimpin ASEAN dan pendamping bercengkerama dipersilakan turun, sekira pukul 17.00 WITA, kapal pinisi berlayar lebih ke tengah perairan Pelabuhan Labuan Bajo untuk memberi kesempatan para pemimpin ASEAN menikmati suasana matahari tenggelam.

Diketahui selepas kegiatan menikmati suasana matahari tenggelam itu, Presiden Jokowi dijadwalkan menggelar jamuan makan malam bagi para pemimpin ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach.

Kegiatan menikmati suasana matahari tenggelam sejalan dengan niatan Presiden Jokowi untuk menjadikan KTT ke-42 ASEAN 2023 sebagai momentum untuk mempromosikan Labuan Bajo agar semakin dikenal dunia. Hal itu sempat disampaikan Presiden Jokowi setibanya di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada Minggu (7/5/2023).

“Ini momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk mempromosikan Labuan Bajo, supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur,” kata Presiden Jokowi. XPOSEINDONESIA Sumber : Gilang Antara/TR/Elvira

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -