Harapan Sandiaga :   Sumbar Jadi Ujung Tombak Penggerak Ekonomi Syariah

- Advertisement -
- Advertisement -

World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023  digelar di Padang, Sumatera Barat dibuka Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kamis (7/9/2023) dihadiri  Wakil Presiden Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Rangkaian kegiatan WIES 2023 yang dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 9 September 2023 tersebut merupakan ajang kolaborasi pertama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama dengan para pengusaha muslim.

Kegiatan ini bertujuan untuk memajukan ekonomi dan kewirausahaan Islam dan dihadiri  15 negara  antara lain Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, Timor Leste, India, Maroko, Kazakhstan, Kuwait, UAE, Turki, Uzbekistan dan Spanyol.

- Advertisement -

Event WIES 2023 terdiri dari  beberapa acara  antara lain konferensi, tourism and travel mart dan tabletops, Expo UMKM, Modest Fashion Walk, Business Matching Pengusaha dan UMKM, e-Sport Competition, serta Kuliner dan Post Tour di Sumatra Barat.  Dan akhir penyelenggaraan pertemuan ini, WIES 2023 juga mendeklarasikan terbentuknya World Islamic Entrepreneur Forum.

Pengembangan Kewirausahaan Nasional

Wakil Presiden  Ma’ruf Amin  menyebutkan pemerintah Indonesia serius mengembangkan ekosistem kewirausahaan. “Pengembangan itu melalui regulasi yang mengatur tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional,” kata Ma’ruf saat membuka World Entrepreneur Islamic Summit (WEIS) 2023 di Pangeran Beach Hotel Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/9/2023).

- Advertisement -
Menyalin

Ma’ruf mengatakan, dukungan lain yang disediakan pemerintah mencakup insentif dan penyediaan infrastruktur, penyiapan sumber daya manusia, sumber pembiayaan, kemudahan akses pasar, hingga penyediaan pendidikan dan pelatihan.
Menurut Ma’ruf, model bisnis tematik kewirausahaan dikembangkan melalui skema wirausaha pemuda, wirausaha perempuan, wirausaha sosial, wirausaha desa dan wirausaha teknologi.

Ikhtiar Indonesia dalam mewujudkan kemajuan dan pembangunan ekonomi yang lebih baik juga dilakukan melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru yang menjanjikan.

Sertifikasi Halal  Untuk Sumbar

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno memberi apresiasi terhadap kesuksesan Sumbar menggelar WEIS 2023 dengan mendatangkan 15 negara.

“Sumbar sukses menggelar kegiatan ini. Selain ini, Sumbar juga telah mendapat sertifikasi halal dalam hal destinasi pariwisata dan kuliner,” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap Sumbar bisa menjadi ujung tombak penggerak ekonomi syariah bukan hanya di Sumbar saja tapi Indonesia.

“Potensi Sumbar sangat besar. Sertifikasi halal sudah, dan Sumbar memiliki basis perekonomian dan pariwisata yang warganya mayoritas Islam,” jelas Sandiaga.

Di luar itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan saat ini di Sumbar telah tumbuh 100.000 wirausaha milenial yang mengembangkan sektor UMKM di Sumbar. “Kita siap kembangan ekonomi syariah dengan ditopang wirausaha yang kita miliki,” kata Mahyeldi.

“Acara ini menghadirkan berbagai pembicara dan peserta dari berbagai negara, termasuk pembuat kebijakan, pemimpin industri, pengusaha pemula, dan akademisi,” kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, WIES 2023 juga bukan sekadar pertemuan bisnis biasa, tetapi momentum penting untuk memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendukung pengembangan pariwisata halal dan Muslim Friendly Tourism. Kami telah menyusun berbagai program dan kebijakan untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik pariwisata halal di Sumatra Barat,” jelas Mahyeldi. XPOSEINDONESIA Laporan Teks dan Foto : Dudut Suhendra Putra

sandiaga berharap sumbar bisa menjadi ujung tombak penggerak ekonomi syariah
sandiaga berharap sumbar bisa menjadi ujung tombak penggerak ekonomi syariah
wies 2023 digelar di padang sumatera barat ki ka menparekraf sandiaga wapres kh maruf amin dan gubernur sumbar mahyeldi
wies 2023 digelar di padang sumatera barat ki ka menparekraf sandiaga wapres kh maruf amin dan gubernur sumbar mahyeldi
sandiaga memberi sambutan
sandiaga memberi sambutan
wapres kh maaruf amin
wapres kh maaruf amin



- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -