Ini Kerja Kreatif yang Edan!

Yang Hebat dari simPATI KickFest 2013

- Advertisement -
- Advertisement -

Selain fashion, panggung musik dan jajanan, ada lagi hal menarik  lain buat pengunjung  simPATI KickFest 2013. Yakni, mendapat CD Compilation Various Artist Kickfest Indonesia, berisi lagu dengan genre musik yang beragam!  CD ini bisa diperoleh dengan menukarkan dua tiket  tanda masuk  seharga Rp 15.000,- dengan satu CD.  

Ide begini sudah diluncurkan sejak tahun lalu. Bedanya pada 2012  KickFest menyediakan tiga CD pilihan berisi 105 lagu karya band indie.  Sekarang,  tidak tanggung terdapat lima CD yang menampung 450 lagu!  

“Untuk mendengarkan satu CD yang mengemas 70 sampai 80 buah lagu  itu setidaknya butuh waktu  tujuh  sampai delapan jam!” ujar Ryan LH General Manager simPATI KickFest 2013, Sabtu 19/10/10 di Bandung. Menurut XposeIndonesia  ini sebuah kerja kreatif yang EDAN!

- Advertisement -

Konsep awal peluncuran CD ini  menurut  Reza Pamungkas Project Director Independent Network Indonesia, ingin menjadi wadah untuk menampung karya band indie yang kerap kesulitan mencari jalur masuk label. “Materi lagu yang masuk bagus-bagus, sayang kalau tidak ada wadahnya. Karena kalau semua band mau minta manggung di Kickfest juga nggak mungkin. Makanya kita buat CD untuk menampungnya,” tuturnya. 

Namun jangan dikira mudah bagi band indie untuk langsung bisa masuk ke dalam rekaman CD Various Artist Kickfest Indonesia. Sejak dibuka kesempatan untuk pembuatan album versi 2013, band yang mendaftar ke web site Independent Network  sebanyak 1800 band, dengan masing-masing hanya diijinkan mengirim satu lagu. 

Baca Juga :  Buku dan Album di Ujung Tugas SBY

Dari  jumlah itu, Independent melakukan penyaringan secara tertutup,  dan menghasilkan 1500 lagu. “Kemudian ke 1500 lagu tersebut,  kami upload via soundcloud  dan divoting terbuka selama enam bulan,” ujar Ryan. Hasilnya dirating. Lagu yang paling disukailah yang masuk ke dalam CD Compilation Various Artist Kickfest Indonesia 2013.

- Advertisement -
Menyalin

CD ini dicetak sebanyak 85.000 copy untuk dibagikan kepada pengunjug KickFest Indonesia di Malang dan Bandung,  “Saat kami menggelar KickFest  di Malang  25 ribu copy CD habis dibagikan, sisanyanya kami lepas di Bandung,” tutur Ryan

Karena CD  hanya disebar ditempat KickFest Indonesia diselenggarakan,  bukankah banyak orang di luar daerah Bandung dan Malang yang ingin juga memiliki CD ini. Bagaimana alternatif mendapatkanya?  “Mungkin kami akan pikirkan apakah CD  bisa  diberlakukan sama dengan T-shirt Kick Fest yang bisa dijual  secara online. Namun, perjanjian kami dengan musisi  sebetulnya tidak memperjual belikan ini,” Ryan menjelaskan. 

Alternatif yang bisa dilakukan masyarakat untuk bisa mendengarkan lagu  dalam CD ini adalah menemuinya via web site.  “Kami  upload utuh satu lagu. Dan ini mendapat ijin dari band. Beberapa lagu  ada yang bisa diunduh,  tapi banyak yang hanya bisa didengar,” ungkap Ryan. (XPOSEINDONESIA NINI SUNNY FOTO MUHAMAD IHSAN)

More Pictures :

Ryan LH General Manager simPATI KICKFEST INDONESIA
Satu CD menampung 70-80 lagu karya band indie
Lima CD Compilation Various Artist Kickfest Indonesia
Pengunjung bisa memilih sebelum memutuskan CD yang disukai
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -