
Seniman, perupa, peggiat seni dan juga praktisi hukum Yeni Fatmawati, menggelar pameran tunggal ke empat yang bertajuk “Merengkuh Kuasa Hidup” di Galeri ZEN1, Menteng, Jakarta Pusat.
Pameran dibuka oleh pengusaha nasional Peter F Gontha berlangsung pada 4 hingga 31 Agustus 2024, yang akan berlangsung dari Senin – Sabtu: 11.00 – 20.00 WIB, Minggu: 09.00 – 20.00 WIB.
Sebanyak 25 lukisan yang terbagi menjadi 9 series menampilkan lukisan-lukisan dengan teknik yang berbeda dari sebelumnya, namun tetap menampilkan 3 lukisan realisnya.
“Yeni mungkin wakil dari sedikit orang yang memiliki kesibukan yang tak biasa, bekerja di bidang hukum sekaligus juga berkarya di bidang seni khususnya seni lukis dan patung, selain juga bidang sastra dan puisi,” ungkap kurator pameran Rizki A. Zaelani, dalam sambutannya.
Rizki menambahkan, bagi orang kebanyakan, hukum dan seni, bahkan, sering dianggap sebagai dua bidang yang bertentangan. Yang satu menuntut aturan dan kepastian sedang yang lainnya justru menghendaki kebebasan dan ketidak-pastian ukuran.
“Namun, sebenarnya, keduanya memiliki irisan ruang imajinasi yang kurang lebih sama untuk membayangkan adanya nilai yang bisa dianggap universal, atau universalitas nilai. Bidang hukum membayangkan universalitas nilai ‘kebaikan’ dengan kaitannya pada ‘keadilan’, sedang seni mengimajinasikan kaitan nilai ‘kebaikan’ dengan pengalaman ‘keindahan’ yang dibayangkan bersifat universal.”
Menurut Rizki, proyek seni yang berkaitan dengan perenungan tentang nilai hidup, mengenai makna-makna positif yang ‘ditemukan’ dalam alur perjalanan hidup yang Yeni jalani hingga kini.
Dalam studi seni rupa, apa yang dikaitkan pada universalitas nilai, seperti pertanyaan: ‘Apakah makna hidup?’ pada akhirnya memerlukan obyek aktual atau gambaran pengalaman faktual yang bisa dipikirkan dan direnungkan.
“Tak sedikit seniman, di Indonesia khususnya, yang menganggap ‘obyek’ itu sebagai simbol atau bentuk yang menggambarkan sesuatu. Masalahnya, apakah simbol atau bentuk seperti itu benar-benar bisa mewakili nilai pengalaman,” kata Rizki.
“Akhirnya Yeni tak memilih untuk mengerjakan bentuk atau gambaran tertentu untuk ‘mewakilkan’ makna tentang aneka pengalaman hidup yang dijalaninya sebagaimana bisa kita melihat pada karya-karya yang dipamerkan kini,” pungkasnya.
Lukisan Pengalaman Hidup
Pada kesempatan yang sama, Yeni Fatmawati mengatakan prroyek seni di program Magister Seni ITB, berkaitan dengan permasalahan sense, soal bagaimana ia merenungkan perjalanan hidup dirinya.
Karya-karya yang ia ciptakan berkisar pada pengalaman hidup dirinya: mengenai nilai kegembiraan, kebahagiaan, dan pemenuhan yang [ternyata mesti] bercampur dengan fragmen-fragmen kesedihan, duka, dan kehilangan.
“Hidup tak pernah bisa takluk melulu menjadi apa yang diinginkan bagi diri seseorang. Hidup memiliki kuasa, menjelaskan kekuatan atau kekuasaan yang berada ‘di baliknya,’ atau ‘di atasnya,” ujar Wanita pendiri Paptong Artspace itu.
Sebagai seorang praktisi hukum, Yeni tentu juga punya cara khas untuk mengenali masalah kekuatan atau kekuasaan dalam praktek hidup.
Setiap obyek hukum, tentu, berkaitan dengan soal kuasa dan kepentingan.
Namun demikian, sikap yang dijalani Yeni sebagai seniman, tentu saja berbeda dengan caranya dalam menangani masalah hukum.
“Saya menduga, dalam momen-momen tertentu, Yeni(sebagai praktisi hukum) ingin membebaskan dirinya dari pengetahuan dan sikap dirinya untuk ‘memihak’ pada pihak yang masing-masing bersengketa kuasa untuk kepentingan hidup.
Dalam sikapnya sebagai seorang seniman itu lah saya justru memihak pada kuasa hidup itu sendiri, pada pelajaran dan anugerah yang diberikan hidup, yang berada di luarkendali dirinya, di luar kendali setiap orang.”
Yeni menuturkan pemaknaan seni adalah medium demi menggali dan memahami pengalaman hingga sampaikedalaman makna hidup, ekspresi seni juga berkomunikasi pada dunia, mengungkap berbagai hal yang tak tersampaikandalam kata-kata.
“Getaran pada sapuan kuas, jejak-jejak aliran warna, penumpukan maupun persilangan bentuk-bentuk: realistik maupun abstrak, adalah cara menemukan ruang. Aku, kemudian, menciptakan ruangku sendiri dalam kemungkinan-kemungkinan ruang yang kutemukan. Pada ruang pribadikulah, dalam lapisan dan kedalamannya, aku bebas mengekspresikan kegembiraan, kesedihan, dan terutama keindahan hidup: perjalanan hidupku sehari-hari,” jelas Yeni.