Tidak Ada Kandidat Memenuhi Syarat, Busan International Film Festival 2024, Berjalan Tanpa Direktur Festival

- Advertisement -
- Advertisement -

Busan International Film Festival (BIFF) yang ke 29, direncanakan bakal diadakan pada bulan Oktober 2024. Namun Korea Herald menulis, sampai detik ini posisi Direktur Festival masih kosong.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Jumat malam, BIFF mengatakan bahwa “tidak ada kandidat yang memenuhi syarat” , meskipun mereka terus mencari seseorang untuk memimpin festival tersebut.

Pada bulan Februari, penyelenggara festival memulai pencarian untuk jabatan direktur festival. Mereka  membuka lamaran hingga 19 Maret. Jabatan tersebut telah kosong sejak Mei tahun lalu.

- Advertisement -

“Banyak kandidat berbakat dengan keahlian dan pengalaman di industri film, akademisi, dan komunitas lokal melamar pada perekrutan putaran pertama dan kedua. Namun sulit bagi kami untuk menemukan seseorang yang memenuhi nilai-nilai yang kami cari,” kata BIFF.

Setelah berdiskusi, pihak berwenang memutuskan untuk menunda pengisian posisi direktur festival dan melanjutkan edisi tahun ini dengan dua wakil direktur: Park Do-shin dan Kang Seung-ah.

Penyelenggara menambahkan bahwa Ketua BIFF Park Kwang-su dan Direktur Pasar Konten & Film Asia (ACFM) yang baru ditunjuk Kim Young-deok akan mendukung wakil direktur untuk meminimalkan dampak dari kekosongan jabatan direktur festival.

- Advertisement -
Menyalin

Proses penunjukan direktur festival baru akan dilanjutkan setelah festival tahun ini.

Baca Juga :  Kejar Mimpi Gaspol! : Kisah Perempuan Menggapai Mimpi yang Tak Terencana

Park Do-shin, dengan pengalaman 24 tahun di BIFF, baru ditunjuk sebagai wakil direktur untuk memimpin keseluruhan manajemen festival dan memilih film-film yang akan diundang ke festival tersebut.

Park Do-shin pernah menduduki berbagai posisi di BIFF, termasuk sebagai manajer program, manajer PR, programmer senior, dan kepala Institut Film Jiseok.

Sementara Kang Kang Seung-ah, mantan jurnalis di Busan Ilbo yang diangkat menjadi wakil direktur pada tahun 2019, akan terus bertanggung jawab atas keseluruhan anggaran dan administrasi.

Kim Young-deok, direktur baru ACFM, sebuah platform komprehensif untuk perdagangan konten mulai dari film dan video hingga kekayaan intelektual seperti buku, adalah mantan programmer senior di BIFF.

Pada bulan Februari, sutradara film veteran Park Kwang-su ditunjuk sebagai ketua BIFF untuk masa jabatan empat tahun.

Penunjukannya terjadi sembilan bulan setelah Lee Yong-kwan mengundurkan diri secara tiba-tiba pada Mei 2023 setelah mendapat kecaman atas serangkaian perubahan kepemimpinan yang mengungkap perbedaan internal mengenai bagaimana festival tersebut harus dijalankan.

BIFF ke-29 akan berlangsung di Busan pada 2-11 Oktober. ACFM ke-19 akan berlangsung pada 5-8 Oktober. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi BIFF2024

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -