32.2 C
Jakarta
Saturday, December 3, 2022

Februari 2023 Danau Toba Bakal Gelar Kejuaran Dunia Perahu Motor F1 H20

- Advertisement -
- Advertisement -

Danau Toba siap dipromosikan lebih hebat lagi ke dunia Internasional. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney sebagai induk Holding BUMN pariwisata membuat event unik, yakni menggelar Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H20) di Indonesia pada tahun depan.

Dony Oskaria selaku Direktur Utama InJourney mengungkapkan ajang ini sebagai sebuah kesempatan emas yang baik bagi Indonesia sekaligus untuk membuktukan Indonesia bisa menyelenggarakan ajang berkelas internasional.

- Advertisement -

“Kita berharap kegiatan bisa memperkenalkan Danau Toba ke dunia internasional,” kata Dony Oskaria dalam jumpa wartawatan di tengah penandatanganan gelaran F1 H20 di Sarinah Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dan perwakilan dari H20 Management Raimondo disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Ajang F1 H20 akan menjadi kejuaraan tingkat tertinggi atau F1 untuk powerboat dan sudah diselenggarakan di 39 negara, tentu saja ini merupakan suatu kebanggaan pada tahun 2023 akan diselenggarakan di Indonesia.

Kejuaraan F1H20 ini ditonton oleh 180 ribu orang di seluruh dunia, sehingga gelaran tersebut tentunya akan mempromosikan destinasi Danau Toba ke depannya.

Saat terselnggara F1 H20 pada February 2023, InJourney menargetkan jumlah turis yang berkunjung ke Danau Toba dapat mencapai sekitar 200 ribu orang.

“Dengan tanggung jawab besar ini yang diberikan baik Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi maupun Kementerian BUMN. Kami berharap Insya Allah dapat melaksanakan kegiatan dengan baik dan memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat Danau Toba dan Indonesia pada umumnya,” kata Dony.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan F1H2O merupakan suatu rangkaian acara yang bagus dan persiapannya sudah dilakukan dari beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  HaloPuan Masuk Ciherang untuk Melawan Stunting

“Kita sudah punya Mandalika dan sekarang punya F1H2O di Danau Toba, ini akan menarik banyak turis ke Indonesia. Event ini akan kita coba selama 5 tahun kontraknya yang juga akan membuat kehidupan di Danau Toba ini seperti di Mandalika menjadi semakin menarik,” ungkap Luhut.

Luhut juga menambahkan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi katalisator untuk menghidupkan ekonomi UMKM di daerah-daerah seperti Toba, Mandalika dan sebagainya.

Di Mandalika itu memberikan dampak ganda terhadap perekonomian lokal, kurang lebih Rp 600 miliar saya pikir akan sangat penting F1H2O ini,” imbuh Luhut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya dan juga Direktorat Sumber Daya Air akan memberikan dukungan infrastruktur bagi kelancaran kegiatan F1H2O.

Dukungan itu berupa infrastruktur yang telah di identifikasi yaitu pekerjaan dry paddock dan wet paddock, serta jalan akses dari dry paddock menuju ke wet paddock dan fasilitas pendukung lainnya.

“Kami berharap kerja sama seluruh pihak yang terkait dalam pelaksanaan pekerjaan infrastruktur di lapangan, misalnya terkait dengan penyiapan lahan yang sampai dengan saat ini masih ada yang belum clean and clear oleh pemerintah Kabupaten Toba,” kata Diana.

“Kami mendukung event olahraga kelas dunia ini agar dapat berjalan lancar dan diharapkan nanti juga bisa memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia,” terang Diana.

Sedangkan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, melihat di Danau Toba memiliki peluang paling baik untuk memajukan sport tourism.

“Danau Toba ini bisa kita dorong dengan satu konsep penyelenggaraan F1H2O yang merupakan Grand Prix yang telah mendunia, diharapkan ini bisa meningkatkan branding Danau Toba ke tingkat dunia, Kita ingin seluruh destinasi wisata di Indonesia bisa menggelar event internasional seperti di Mandalika,” kata Kartika. XPOSEINDONESIA Foto; Dudut Suhendra Putra

Penandatanganan Gelaran F1 H20 di Sarinah Jakarta
Perwakilan dari H20 Management Raimondo mendapat Ulos dari Luhut Binsar Pandjaitan, disaksikan Erick Thohir
Penandatanganan dilakukan antara Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dan perwakilan dari H20 Management Raimondo disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir,
Press Conference Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H20)
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -