26.1 C
Jakarta
Tuesday, January 3, 2023

Ada Apa di Galeri Indonesia Kaya?

- Advertisement -
- Advertisement -

Ini sebuah tempat hang out baru. Namanya Galeri Indonesia Kaya  (GIK) berlokasi di Grand Indonesia, West Mall, lantai 8 Jakarta. Ia merupakan sebuah ruang publik yang memadukan konsep edukasi dengan digital multimedia. 

 Bertujuan mulia : ingin memperkenalkan kebudayaan Indonesia, khususnya bagi generasi muda, dengan cara yang menyenangkan, terbuka untuk umum, dan tidak dipungut biaya.

Terdapat 12 bagian  pada GIK. Ini dia :

1.  Sapa Indonesia

Layar multimedia menampilkan pemuda-pemudi Indonesia berbaju adat dari berbagai daerah di nusantara yang menyapa pengunjung.

2. Video Mapping

- Advertisement -

Video mapping dengan bentuk wayang kulit, menceritakan penggalan-penggalan Mahabarata tentang kiprah Pandawa melawan Kurawa.

3. Kaca Pintar Indonesia

Merupakan kumpulan objek budaya di seluruh nusantara mulai dari pariwisata, kuliner, kesenian dan tradisi. Dengan tampilan yang menarik diatas layar touch screen.

4. Jelajah Indonesia

Multimedia touch screen yang membahas seluk beluk budaya Indonesia dari banyak sisi, seperti dari sisi geografis, kebiasaan dan asal usul.  Jelajah Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu Kaya Alam, Kaya Budaya, dan Kaya Kuliner.

5. Selaras Pakaian Adat

Pengunjung dapat berfoto dengan pakaian adat digital dari seluruh nusantara. Aplikasi ini terhubung dengan social media sehingga pengunjung dapat mengunggah fotonya ke akun mereka sendiri.

Baca Juga :  Restorasi Budaya dari Kediri

6. Melodi Alunan Daerah

Berbagai macam alat musik Nusantara telah dihadirkan secara digital dengan bentuk touch screen. Pengunjung dapat bermain dan mengaransemen musiknya sendiri.

7. Selasar Santai

Selasar santai merupakan ruangan dimana pengunjung dapat bersantai menikmati Galeri Indonesia Kaya. Di dalam selasar santai terdapat 10 tablet yang bebas dipakai.

8. Ceria anak Indonesia (Congklak)

Pengunjung dapat mencoba bermain permainan tradisional, congklak secara virtual yang diciptakan mirip dengan permainan aslinya.

9. Layar Telaah Budaya (Surface)

Berteknologi Microsoft Surface, Layar Telaah Budaya menampilkan informasi budaya secara Interaktif cukup dengan meletakkan kartu dengan obyek budaya yang diinginkan.

10. Arungi Indonesia

Menawarkan sesasi terbang di atas Indonesia. Lewati beberapa obyek-obyek penting dan ternama di Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan tentang obyek tersebut.

11. Area Peraga

Area untuk para pengrajin. Di sini, pengrajin dapat memperagakan proses pembuatan kerajinan khas Indonesia.

12. Fantasi Tari Indonesia

Tersedia saat auditorium tidak terpakai. Pengunjung dapat belajar manari bersama dan berfoto bersama dengan penari-penari daerah yang dikemas secara virtual. (XPOSEINDONESIA-Tanti Kurniawati Foto Yuri Rahadian)

More Pictures :

Aplikasi Selaras Pakaian Adat bisa terhubung ke sosial media
Pengunjung Dapat berfoto dengan pakaian adat digital
Video Mapping Wajah Kulit Pandawa melawan Kurawa, pada pembukaan Galeri Indonesia kaya, di West Mall Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (10-102013)
Pengunjung dapat bermain dan mengaransemen musik sendiri
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -