FFWI 2021 Digelar Oktober. Bakal jadi Golden Globe ala Indonesia

- Advertisement -

Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) ke 11, bakal digelar di Jakarta pada bulan Oktober 2021.  

Peluncuran FFWI 2021 dilakukan melalui zoom meeting, diresmikan oleh Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Riset & Teknologi, Ahmad Mahendra, Rabu 7/7/2021.

“FFWI ke 11 ini akan memperlihatkan komitmen wartawan terhadap film Indonesia,” kata Ahmad Mahendra.

- Advertisement -

“Karakter wartawan yang independen, kritis, peka, sangat dibutuhkan dalam perkembangan industri perfilm Indonesia  dan peran itu telah terlihat  dari jaman ke jaman. Karena itu kami sangat mendukung terlaksananya festival ini!” lanjut Mahendra lagi.

Bukan Pertama, Tapi ke XI

Wina Armada Sukardi,  selaku Ketua Tim Tujuh yang menggagas FFWI ke 11 menyebut alasan festival ini dinamakan FFWI.  

“Karena keterlibatan wartawan dalam dunia perfilman Indonesia sudah berlangsung lama, atau hampir sama panjangnya dengan sejarah perfilman Indonesia itu sendiri.” ujar Wina.

- Advertisement -

“Sejarah mencatat  film Indonesia pertama, dalam artian seluruh pekerjanya terdiri dari orang Indonesia, dipelopori oleh Usmar Ismal, yang notabene juga seorang wartawan,”  lanjut Wina lagi.

Sementara tu, penyelenggaraan festival film di Indonesia,  memang bukan hal baru untuk para wartawan.

Sebut misal sejak Festival Film Indonesia (FFI) pertama tahun 1955, wartawan sudah ikut bahu membahu dengan para insan film dalam menyelenggarakan festival tahunan itu.

Tetapi penyelenggaraan festival film oleh juri yang seluruh wartawan, antara lain, baru tercatat pada tahun 1970 manakala PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) menyelenggarakan Pemilihan The Best Actor dan The Best Actress selama enam tahun berturut-turut. 

Kemudian  lahir Festival Film Jakarta yang diadakan oleh dua tabloid berbeda dengan juri para wartawan film, masing-masing pada tahun 2006 dan 2007. Tradisi itu berlanjut pada tahun 2016 dan tahun 2017 dengan nama Usmar Ismail Awards (UIA).

“Nah, “semangat” dan ‘roh” penyelenggaraan festival film oleh wartawan itulah yang kemudian kami adopsi dan kami jadikan bagian dari sejarah tak terpisahkan dalam penyelenggaraan festival film oleh wartawan, termasuk penghormatan kami kepada para pendahulu wartawan yang telah melaksanakan festival film oleh para wartawan,” ungkap Wina lagi.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -