Apresiasi Film Indonesia 2015 bakal digelar di Makassar

- Advertisement -

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Apresiasi Film Indonesia (AFI) untuk yang keempat kalinya,  dengan  mengambil tema  “Daya Budaya Sinema Indonesia”. Puncak Penganugerahan Piala Dewantara  tersebut akan diadakan  di Makassar pada 24 Oktober  2015.

Didik Suhardi, Sekjen Kemendikbud  mengatakan,  AFI  telah jadi sebagai ajang  yang memperlihatkan pentingnya memberikan apresiasi pada budaya sinema Indonesia.

“Apresiasi atau penghargaan pada budaya sendiri, pada karya sendiri, pada sinema-sinema karya anak bangsa, sehingga pada akhirnya bisa memacu kreativitas generasi muda kita untuk memajukan dunia sinema Indonesia,” jelas Didik saat jumpa pers di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).

Didik juga menyebut  apresiasi bisa dimaknai sebagai pengakuan pentingnya budaya sinema dengan berbagai elemen yang saling terkait yang membentuk landskap sinema Indonesia. “Ini merupakan kekuatan yang mampu memberi daya hidup bagi perkembangan sinema Indonesia dan pada gilirannya ikut membentuk corak sinema Indonesia.

Sementara itu,dalam kesempatan yang sama Dirjen Kesenian dan Perfilman Kemendikbud, Endang Caturwati  menyebut AFI 2015  akan menampilkan 17 kategori dengan 14 penghargaan utama.

Dalam penghargaan utama tersebut termuat apresiasi  untuk film fiksi panjang, film fiksi anak, film fiksi pendek kategori umum, film fiksi pendek kategori pelajar, festival film dan sebagainya. Sementara itu,  untuk penghargaan inspiratif  terdapat 3 kategori apresiasi, yakni  Adi Karya, Adi Insani dan kajian akademik tentang film. XPOSEINDONESIA/ Foto Dudut Suhendra Putra

More Pictures

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -