Pertarungan Biopic vs Hantu dalam FFI 2014

- Advertisement -

Sampai di hari penutupan pendaftaran Festival Film Indonesia (FFI)  2014,  telah terdaftar 340 judul film (terdiri dari 81 Judul Film Televisi, 86 Judul Film Dokumenter, 32 Judul Film Animasi,  90 Judul  Film Pendek dan 51 Judul Film Bioskop).

Dalam kategori Film Bioskop, terdaftar judul film yang meraih jumlah penonton terbanyak. Dari film rilis tahun 2013, misalnya  via filmindonesia.or.id  tercatat film  “99 Cahaya di Langit Eropa” (1.003.988 penonton) “Tenggelamnya Kapal Van der Wijck” (855.781 penonton) “Soekarno: Indonesia Merdeka” (748.878 penonton).

Sementara dari tahun 2014, terdaftar  jumlah penonton film “Comic 8” ( 1.624.067), “Hijrah Cinta” (711.205 penonton), “Marmut Merah Jambu” (638.908 penonton).  Tentu,  angka raihan jumlah penonton  ini tidak  langsung  mempengaruhi  penilaian dewan juri. Namun, dari daftar ini terlihat, para produser bersemangat mendaftarkan filmnya untuk masuk meja penilain juri FFI 2014.

- Advertisement -

Dari daftar ini juga langsung terlihat “pertarungan” seru perebutan kursi Sutradara Terbaik, terutama  dari mereka yang pernah meraih Citra seperti Riri Reza (“Sokola Rimba”), Hanung Bramantyo  (“Soekarno: Indonesia Merdeka”) dan Benni Setiawan (“Sepatu Dahlan” & “Laskar Pelangi 2 : Endensor”)  dengan sutradara muka baru  seperti Raditiya Dika (“Marmut Merah Jambu”), Delon Tio (“Mari Lari”),  Lucky Kuswandi (“Selamat Pagi Malam“).

Sementara genre  film pun terpampang beragam, dan boleh dibilang lengkap.  Yang pasti,  ada genre film drama yang mengambil porsi jumlah terbanyak, film  anak-anak (“Sepatu Dahlan”, “Princes, Bajak Laut & Alien” )  Aksi Komedi  (“Comic 8),   Film bernuansa Musikal ( “Noah Awal Semula” dan “Slank Nggak Ada Matinya”)  bahkan juga  genre Horor (“Sarang Hantu Jakarta”  dan “Kesurupan Setan”).

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -