Asuransi Atau Investasi? Atau Pilih Keduanya?

- Advertisement -

Presiden Jokowi pernah mengungkapkan perekonomian di 2023 cenderung gelap meski pada kenyataanya ekonomi Indonesia terus tumbuh di angka 5-6%.

Sementara itu, kita tahu resesi ekonomi telah terjadi di sebagian besar negara maju di seluruh dunia, seperti Eropa dan Amerika.

Resesi berimbas pada kenaikan inflasi yang berujung pada kenaikan harga pangan dan kesulitan ekonomi bagi warga negara dunia.

- Advertisement -

Dengan fakta tersebut, mempersiapkan diri menghadapi resesi secara tepat adalah pilihan yang tidak bisa ditunda.

Dan mulai memilih sekaligus menentukan asuransi dan investasi, adalah keputusan yang bijak dalam mempersiapkan diri jika pada akhirnya terjadi resesi.

- Advertisement -

Asuransi dan Investasi adalah dua produk keuangan yang memiliki fungsi berbeda
CEO Top Coach Indonesia, Tom Marthin Charles menyebut pemahaman masyarakat Indonesia akan asuransi dan investasi terus meningkat.

Salah satu faktornya adalah perkembangan digitalisasi dan pandemi COVID-19 yang membuat orang menyadari pentingnya memiliki investasi dan asuransi di masa-masa kritis.

Begini Fungsi Asuransi

Menurut Tom, saat pandemi COVID-19 tingkat kesadaran masyarakat akan proteksi asuransi semakin meningkat, sebab banyak orang menyadari kalau sakit tidak bisa beraktifitas dan berinvestasi.

“Jadi tidak salah apabila asuransi akan menarik ketika sakit,” ungkap Tom dalam konferensi pers Akurat.co Golden Insurance Awards 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis 13 Oktober 2022

Dalam pengamatan Tom, banyak orang yang justru baru menyadari pentingnya asuransi justru setelah sakit. Meski pemerintah memiliki program BPJS, nyatanya tidak semua layanan bisa ter-cover dengan layanan tersebut.

Berbagai jenis asuransi bisa dipilih berdasarkan kebutuhan masing-masing, entah itu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, maupun asuransi jiwa.

Mulai Investasi Dari Resiko Rendah


Setelah memiliki asuransi, investasi menjadi instrumen keuangan lain yang penting untuk mempersiapkan diri jika terjadi resesi.

Ada banyak jenis investasi yang menyasar pada pemula dengan modal kecil dan berisiko rendah. Salah satunya reksadana.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -