Para Direktur Pupuk Indonesia (Persero) Mendadak Jadi Model Demi Wastra Karya UMKM

- Advertisement -
- Advertisement -

Perkumpulan  Isteri Karyawan Pupuk Indonesia & Group (PIKA PI Group) menggelar puncak acara ultah ke 8 dengan berbagai acara, antara lain fashion show dan bazar yang digelar dari tanggal 26-28 Februari 2024 di Sarinah.

Sore tadi,  dengan mengenakan wastra Songket Jumputan karya UMKM Rumah Kain,  Direktur Utama PT  Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi bersama isteri  Tata Rahmad Pribadi muncul menjadi peragawan dan peragawati  dalam fashion show  bertajuk Pesona Kriya Pupuk Indonesia di  Sarinah LED Lantai Dasar, Senin 26 Februari 2022. Keduanya mendapat sambutan tepuk tangan  luar biasa meriah dari  pengunjung.

Di samping  Rahmad Pribadi dan isteri,  lebih dari 10 petinggi  PT Pupuk Indonesia muncul pula dengan peran yang sama dalam fashion show yang digelar  untuk memperingati puncak acara  HUT Perkumpulan  Isteri Karyawan Pupuk Indonesia & Group (PIKA PI Group) ke 8.

- Advertisement -

Muncul sebagai desainer sore itu adalah Itang Yunaz, Batik Riana Kusuma, dan sederet kreativitas karya UMKM  yakni :  Nadina Salim, Cut Hariani (Aceh Tengah), Angga (Sumatra Utara),  Bodus Project (by Iwan Amir) Akeyla Naraya,  dan Syifa Hadiza.

Acara fashion show semakin meriah dengan penampilan model peragawati senior juga Puteri Indonesia Lampung (2022), dan Puteri Indonesia Sulawesi Tengah (2022).

Mendekati magrib, acara semakin padat, karena Heidy Yunus muncul solo di  atas panggung menyanyikan beberapa lagu hits : Gelora Asmara,  Sebatas Mimpi, Maafkan dan lain-lain.

- Advertisement -
Menyalin

PT Pupuk Indonesia senantiasa membuktikan komitmennya dalam memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang wastra (warisan nusantara) dan kerajinan tangan.

“Acara ini mempertemukan puluhan UMKM binaan Pupuk Indonesia yang memiliki ratusan produk untuk ditawarkan kepada sejumlah pemangku kepentingan baik lokal maupun internasional dari berbagai negara,”ungkap Rahmat Pribadi.

Ajang Pesona Kriya Pupuk Indonesia diadakan pertama kali  di tahun 2024. Kegiatan ini menyajikan beberapa kegiatan seperti bazar UMKM dan peragaan busana yang melibatkan seluruh produk UMKM. Adapun bazar UMKM diikuti oleh 41 peserta, yaitu 35 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup, lima established brand dan Biofarma sebagai BUMN undangan. Sementara untuk peragaan busana diramaikan oleh produk-produk UMKM binaan yang dikolaborasikan dengan desainer terkenal dan established brand.

Pada acara ini, Pupuk Indonesia mengundang sejumlah petinggi dari berbagai negara antara lain Duta Besar Maroko, Duta Besar Palestina, Duta Besar Polandia, Duta Besar Yordania, Duta Besar Qatar, Duta Besar Italia. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 20 UMKM binaan pupuk indonesia yang sudah mampu memasarkan produk mereka ke pasar internasional.

Rahmad Pribadi menyampaikan komitmen Pupuk Indonesia Grup dalam memajukan UMKM melalui program pembinaan yang berada di bawah naungan unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Acara Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 merupakan bentuk pembinaan Pupuk Indonesia Grup terhadap UMKM dan komitmen perusahaan dalam mendukung promosi budaya Indonesia melalui produk wastra. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pilar Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi yang dijalankan Pupuk Indonesia sebagai produsen pupuk terbesar di Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Utara Afrika.

Baca Juga :  Jetsar Australia Masuk ke Bali

“Melalui Pesona Kriya ini, Pupuk Indonesia memperkenalkan produk serta memperluas jaringan pasar bagi pelaku UMKM. Ajang ini sekaligus menjadi wadah bagi Pupuk Indonesia untuk mengapresiasi bakat dan kreativitas para pelaku UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup,”ungkap Rahmad.

Hingga saat ini, Pupuk Indonesia telah melaksanakan pembinaan dan bantuan permodalan bagi 2.221 UMKM di seluruh Indonesia. Dimana sebanyak 257 UMKM diantaranya bergerak di sektor industri termasuk industri kreatif,” ujar Rahmad lagi.

UMKM merupakan bagian penting dari perekonomian nasional menyumbang hampir 61% Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dan mempekerjakan sekitar 97% angkatan kerja.

Adapun pembinaan dilakukan dengan memberikan pinjaman modal dan peningkatan kompetensi sehingga UMKM dapat menghasilkan produk berdaya bersaing di tingkat nasional maupun global, terutama di bidang wastra yang dijalankan oleh perempuan.

Rahmad menyatakan bahwa kemitraan antara Pupuk Indonesia dengan UMKM bertujuan untuk menciptakan ekosistem berkelanjutan serta meningkatkan perekonomian serta kemandirian para pelaku UMKM, khususnya bagi pelaku perempuan sebagai kaum rentan.

“Kami percaya bahwa setiap karya yang dihasilkan oleh UMKM memiliki potensi untuk menciptakan dampak positif. Karya-karya yang ditampilkan ini mencerminkan keberagaman budaya, tradisi, dan kreativitas yang melebur menjadi koleksi luar biasa dari para desainer dan pengrajin UMKM di Indonesia. Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung pertumbuhan dan eksistensi UMKM di tanah air. Kegiatan ini diharapkan menjadi embrio dan berkelanjutan untuk kemajuan UMKM di Indonesia,” tambah Rahmad.

Pesona Kriya Pupuk Indonesia ini menjadi langkah positif Pupuk Indonesia Grup dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal yang inklusif dan berkelanjutan.

Ajang ini diharapkan juga menjadi media pertukaran ide, dan kolaborasi yang dapat memperkaya dunia fesyen lokal.

Ketua PIKA-PI Grup, Tata Rahmad Pribadi menambahkan, PIKA-PI Grup senantiasa mendukung pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Salah satu diantaranya adalah lewat kegiatan Pesona Kriya Pupuk Indonesia yang merupakan upaya bagi UMKM untuk naik kelas. Hal ini juga sejalan dengan tema HUT PIKA-PI Grup di 2024, yaitu “Women’s Support For Sustainability”.

“PIKA-PI Grup menyadari pentingnya pembinaan dan pengembangan UMKM yang selaras dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Kami berharap Pesona Kriya Pupuk Indonesia 2024 mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pengembangan UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup. Selain itu, melalui kegiatan ini kami ingin memberikan peluang bagi seluruh UMKM untuk menjangkau pasar internasional,” tutup Tata Rahmad Pribadi. XPOSEINDONESIA Foto : Muhamad Ihsan

rahmad priadi memberi sambutan
Rahmad Priadi memberi sambutan
Menjadi Model dan Pragawan - Wati Dadakan
Menjadi Model dan Pragawan – Wati Dadakan
Karya UMKM yang memikat
Karya UMKM yang memikat
Para direktur dengan kostum UMKM yang memikat
Para direktur dengan kostum UMKM yang memikat
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -