27.7 C
Jakarta
Wednesday, July 6, 2022

Kemenparekraf Gelar Lomba Karya Musik Kamu Aku

- Advertisement -
- Advertisement -

Kemenparekraf gelar lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu, Aku) untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2022. Lomba tersebut sebagai upaya membangkitkan semangat insan musik tanah air di tengah pandemi COVID-19.

Lomba  Kamu, Aku hadir sebagai wadah bagi para komunitas musisi daerah untuk menunjukan potensi, bakat, dan kemampuan dalam berkarya. Sebab, Indonesia dengan keanekaragaman budaya dan kesenian memiliki banyak potensi-potensi komunitas yang dapat diasah.

Tahun ini adalah tahun kedua diselenggarakannya lomba Kamu, Aku yang mengangkat tema ‘Musik untuk Kebangkitan Indonesia Baru’.

- Advertisement -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (9/3/2022),  menjelaskan tema tersebut diharapkan bisa mendorong karya-karya musik tanah air dengan kearifan lokal kolaborasi dari instrumen etnik dan modern agar mampu membangkitkan industri musik dari seluruh pelosok daerah di Indonesia. Sehingga menjadi wajah baru Indonesia setelah pandemi.

Sandiaga mengajak seluruh insan musik tanah air khususnya yang tergabung dalam komunitas musik untuk ikut mengirimkan karya terbaik dalam ajang ‘Kamu Aku’.

Baca Juga :  Kemenparekraf Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata

“Tahun ini kami kembali mengajak seluruh komunitas di Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam lomba Karya Musik Anak Komunitas (Kamu Aku),” kata Sandiaga.

Sandiaga berharap lomba itu mampu membangkitkan semangat pelaku ekonomi kreatif subsektor musik tanah air, sekaligus melahirkan musisi-musisi daerah yang bertalenta, seperti pemenang tahun lalu, Linkrafin dari Jember.

“Meski kita sangat beragam, dengan musik kita tetap seirama, untuk mendukung seni musik di Indonesia, ayo daftarkan komunitasmu, ikuti kompetisi ini, dan saya tunggu karya musik terbaikmu,” ujar Sandiaga.

Lomba “Karya Musik Anak Komunitas” sendiri berhadiah total Rp250 juta. Perlombaan ini bersifat berkelompok. Yang boleh partisipasi merupakan perwakilan yang tergabung dalam komunitas musik atau sanggar kesenian di seluruh Indonesia, dan bukan perorangan.

Komunitas yang tertarik untuk ikut serta dalam lomba ini dapat mengisi formulir pendaftaran di website https://kamuaku.kemenparekraf.go.id/.

Pendaftaran dan pengumpulan karya telah dibuka sejak 9 Maret 2022 hingga 15 Maret 2022. Dilanjutkan dengan proses penjurian dan pengumuman 50 ke 5 besar pada 9-11 Mei 2022. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi

hari musik nasional 2
hari musik nasional 2
hari musik nasional 3 1
hari musik nasional 3 1
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -