DR Indrawan Nugroho : Enterpreneur Harus Cepat Seperti Elang & Punya Semangat Seperti Kecoa!

- Advertisement -

Namun di luar itu, Indrawan menyadari, masih banyak UMKM yang merasa takut untuk membuat loncatan, mungkin  karena punya pengalaman buruk dalam dua tahun terakhir di mana, banyak yang menemui kegagalan, menghentikan cabang, mengurangi pegawai,  bahkan terpaksa menutup usaha. Dan ini membuat trauma untuk membuat gebrakan atau locatan.

Indrawan mengingatkan, syarat utama seorang entrepreneur, sejatinya adalah harus memiliki optimisme yang kuat.

 “Jika tidak punya itu, lebih baik jadi pegawai dan bekerja di instansi. Dan hidup secara aman! Sementara enterprenuer akan selalu menghadapi tantangan yang terus menerus!”

- Advertisement -

Lebih lanjut ia menyebut, menjadi pengusaha harus punya semangat seperti kecoa.“Berkali-kali diinjak, tetap bisa lari dan hidup. Jadi semangat enterprenuer itu harus mirip kecoa!”

Indrawan dengan secara memikat juga memaparkan hasil riset  tentang UMKM di industri kreatif yang membawanya berhasil  meraih gelar Doktor di bidang Startegic Management.

Ingin lihat paparannya?  Bisa disimak via Youtube https://youtu.be/t8tRL0kylhE. Ada paparan Mas Menteri Sandiaga Uno juga di sini. XPOSEINDONESIA/NS  Foto :Dokumetasi

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -