Film Musikal Bob Marley: One Love, Biografi yang Memperlihatkan Cinta Utuh pada  Reggae & Gerakan Rastafari

- Advertisement -
- Advertisement -

Film Bob Marley: One Love dibuat berdasarkan kehidupan penyanyi dan penulis lagu reggae Bob Marley, dari ketenarannya pada pertengahan tahun 1970-an hingga kematiannya pada tahun 1981.

Bob Marley  diperankan oleh Kingsley Ben-Adir, dan disutradarai oleh Reinaldo Marcus Green, yang ikut menulis skenario bersama Terence Winter, Frank E. Flowers, dan Zach Baylin.

Film  Bob Marley juga dibintangi Lashana Lynch (Rita Marley), dan James Norton (Chris Blackwell).

- Advertisement -

Bob Marley: One Love ditayangkan perdana di Carib 5 di Kingston, Jamaika pada tanggal 23 Januari 2024, dan dirilis di Amerika Serikat oleh Paramount Pictures pada tanggal 14 Februari 2024.

Film ini ditayangkan di 40 negara di dunia. Jumlah tersebut bisa dibilang sangat banyak, mengingat Bob Marley merupakan salah satu musisi legenda dunia yang namanya juga terkenal di kancah Internasional.

Di Indonesia sendiri, film ini tayang pada tanggal 21 Februari 2024.

- Advertisement -
Menyalin

Film ini menerima tinjauan beragam dari para kritikus dan telah meraup $120 juta di seluruh dunia.

Plot  Keluarga dan Perdamaian Dunia

Di tengah konflik politik bersenjata tahun 1976 yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari di Jamaika, Bob Marley mengumumkan dia akan tampil di sebuah konser, Smile Jamaica. Ia  bakal mempromosikan perdamaian di antara faksi-faksi yang bertikai.

Saat mempersiapkan konser, Marley, istrinya Rita, dan beberapa anggota bandnya ditembak oleh penyerang.

Rita dan Marley dirawat di rumah sakit, dan selamat dan pulih dari cedera mereka tepat pada waktunya untuk konser.

Setelah tampil, Marley, yang sedih karena rekan senegaranya mencoba membunuh dia dan istrinya, menunjukkan luka tembaknya kepada penonton sebelum turun dari panggung.

Dia menyuruh Rita untuk membawa anak-anak mereka ke Delaware di Amerika Serikat dan tinggal bersama ibunya, saat dia dan anggota bandnya yang lain bertualang ke London.

Setelah berjuang untuk menghasilkan konsep album baru, Marley meminta Rita untuk bergabung kembali dengannya dan band di Inggris, dan mengambil inspirasi dari soundtrack film Exodus dan situasi mereka sendiri. Dia dan band mulai merekam apa yang kemudian menjadi album mereka.

Baca Juga :  Film Rambut Kafan  : Terjebak Dunia Kelam Penuh Misteri

Album ini menjadi hit dan membantu lebih mempopulerkan musik reggae dan gerakan Rastafari di seluruh dunia.

Ketika perusahaan rekaman menjadwalkan tur di Eropa, Marley berencana singgah di seluruh Afrika untuk menginspirasi orang-orang di sana. Hal ini menyebabkan perselisihan dengan Rita saat dia dan Marley berdebat tentang tanggung jawab  dan perselingkuhannya. Dan Rita, menyerah dalam mempromosikan perdamaian di Jamaika.

Marley juga terlibat pertengkaran dengan manajer Don Taylor karena perselisihan keuangan.

Setelah infeksi kuku kaki menimbulkan kekhawatiran Rita dan produser rekamannya Chris Blackwell, Marley kemudian didiagnosis menderita kanker kulit langka.

Blackwell mengonfrontasi Marley tentang pilihan pengobatan, dengan enggan ditolak oleh perusahaan Marley.

 Menghadapi kematiannya sendiri, Marley berdamai dengan Rita dan Taylor dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke Jamaika pada tahun 1978, di mana dia disambut kembali oleh kerumunan di bandara.

Kembali ke rumah, pria bersenjata yang telah menembaknya dan yang lainnya datang dan memohon pengampunan, yang mana Marley menyatakan bahwa dia “tidak membalas dendam”.

Setelah Marley menyanyikan lagu untuk Rita dan anak-anak tentang rekonsiliasi, dia akhirnya menganggap dia siap untuk melakukan konser perdamaian.

Film berakhir saat Marley dan bandnya bersiap untuk tampil lagi di hadapan penonton Jamaika dengan lagu “One Love”.

Montase pra-kredit menunjukkan klip Marley yang asli dan bandnya selama Konser One Love Peace, yang menampilkan mereka bergabung di atas panggung oleh ketua kedua partai politik Jamaika, juga mengungkapkan bahwa Marley dan bandnya dapat tampil di Zimbabwe merayakan kemerdekaan bangsanya sebelum ia meninggal karena kanker pada tahun 1981. XPOSEINDONESIA Foto : Dokumentasi

bobmarley dalam film
bobmarley dalam film
bob marley
bob marley
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -