25 C
Jakarta
Thursday, April 15, 2021

Lomba Video Kreatif Rakyat

Istana Untuk Rakyat menyelenggarakan Lomba Video Kreatif Rakyat dengan tema “Semangat 17 Agustus untuk Merah Putih: Harmoni Dalam Kemajemukan Memperingati HUT ke-68 RI”. Tidak tanggung-tangung, lima Kementrian  dilibatkan di dalamnya. Antara lain Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian Komunikasi dan Informasi,  dan  Kementrian Pemuda dan Olahraga. 

 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparekraf) Mari Elka Pangestu, dalam press conference yang dilaksanakan di Jakarta, 10/10/2013  menyebut, penyelenggaraan  acara ini dilatarbelakangi banyaknya anak muda yang mampu menghasilkan karya kreatif dalam bentuk video kreatif sambil memberdayakan kembali  nasionalisme mereka.  “Kami menyediakan ruang digital bagi mereka untuk berkreasi. Dan video ini jadi semacam citizen eye dari tentang keragaman budaya di satu daerah!” ungkap Mari.

Kegiatan lomba yang mendapat dukungan dari PT Telkom Tbk ini,  dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori video amatir dan video profesional. Menurut Frega Wenas,  perwakilan dari Istana Untuk Rayat, lomba dibuka sejak 6 Agustus 2013 dan sudah terkumpul  lebih dari 300 video. 

“Banyak dari  video itu  berisi keberagaman  budaya  di daerah mereka. Dan ini menjadi ajang memperkenalkan potensi daerah sebagai sasaran pariwisata Indonesia ke dunia luar melalui video,” ujar Frega sambil menyebut kesempatan pengiriman video masih terbuka, hingga 20 Oktober 2013.

Lomba ini terbuka untuk umum dan WNI. Isi video harus sesuai tema dan sub tema yang sudah ditentukan, yaitu Kemajemukan Budaya Lokal Dalam Mengisi Kemerdekaan; Pesona Alam Nusantara Sebagai Kekayaan Bangsa; dan Semangat Gotong Royong Sebagai Ciri Khas Rakyat Indonesia.

Persyaratan lain, durasi video maksimal 5 menit dan tidak mengandung unsur kekerasan, SARA juga pornografi. Video harus mengedepankan potensi corak daerah asal, dengan waktu pengambilan video pada enam bulan terakhir. Video ini harus diunggah ke Youtube dengan link dikirimkan ke  situs www.videokreatifrakyat.com

Ketentuan lain, karya video yang dikirim harus karya cipt sendiri, belum pernah dipublikasikan di media skala nasional, belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba apapun.

Tim juri  yang terdiri dari perwakilan Istana Untuk Rakyat, Kemenparekraf, Komunitas Sinema, Jajang C Noer dan Oleg Sancha Bachtiar,  akan menerapkan kriteria penilaian dengan menimbang beberapa hal  seperti jumlah viewer video di Youtube, orisinalitas serta kreativitas dan tema.

Bagi pemenang dari kelompok profesional  akan mendapat hadiah uang sebesar Rp 50 juta dan Rp 5 juta untuk lima finalis. Sedangkan pemenang kelompok Amatir akan mendapat mendapat hadiah Rp 15 juta   juara pertama dan Rp 5 juta untuk lima finalis.

Para peserta yang masuk jadi nominator akan diumumkan melalui laman www.videokreatifrakyat.com pada 28 Oktber 2013. Sedangkan pengumuman pemenang paling lambat dipublish  pada 31 Oktober 2013. (XPOSEINDONESIA Nini Sunny – Foto : Dudut Suhendra Putra)

(kiri-kanan) Perwakilan dari “Istana Untuk Rakyat” Frega Wenas,Ketua dewan juri lomba Video Kreatif Rakyat Jajang C Noer, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Dirjen EKMDI Harry Waluyo, Tim Juri Oleg Sanchabachtiar dan Duta Video Kreatif Rakyat Nadine Chandrawinata pada jumpa pers lomba video rakyat di Jakarta, Kamis (10/10).

Latest news

Related news

Enable Notifications    OK No thanks