34 C
Jakarta
Thursday, December 2, 2021

Pameran Foto Tunggal Ryan LH : Memadukan Objek Antik & Musik Modern

- Advertisement -
- Advertisement -

Ryan LH, mantan fotografer dan wartawan yang kini jadi pengusaha dan pemilik event organizer di Bandung, menggelar Pameran Foto Mobil Antik bertajuk “ColouRY”.

Pameran  yang digelar di Maranatha Art Space, Bandung dari 18-26 November 2021 ini, memajang 19 buah foto print on block.

“Semua foto saya capture dengan menggunakan Iphone 11 Pro,” kata Ryan  tentang hasil foto yang memperlihatkan hanya bagian tertentu dari mobil Ford, Chevrollet, Fiat, Cadillac, dan lain-lain.

Objek foto yang dipotret Ryan di ruang Museum Angkut Malang, pada 2 Oktober 2021 lalu itu,  pada akhirnya terlihat seperti berubah bentuk, menjadi  wajah manusia, topeng primitif, mulut dan mata sebuah robot besi dan lain-lain.

You See What You Hear

- Advertisement -

Sejak dari pintu masuk, pameran ini terasa berbeda dari event sejenis yang banyak digelar.

“Salah satu perbedaannya adalah, para pengunjung bisa melakukan scane QR pada judul foto, nanti akan terdengar lagu sesuai judul foto!”” ungkap Ryan sambil menyebut  tagline acara ini, You See, What You Hear.

Ryan  yang merupakan lulusan Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Jurusan Fotografi  di  ISI Yogyakarta  ini menyebut, seluruh foto yang dipamerkan, sengaja diberi judul sesuai lagu rock kegemaran, yang di dalamnya tersimpan nasehat tentang kehidupan.

Seperti “Alive” (Pearl Jam), “Into Another” (Skid Row), “You Get What You Give”  (New Radicals) dan lain-lain.

Baca Juga :  Morgan Oey, Putri Ayudya, dan Nadya Arina Bakal Bacakan Daftar Unggulan FFWI 2021

Drs. Risman Marah, M.Sn, dekan semasa Ryan kuliah sekaligus bertugas sebagai salah satu kurator dalam event ini, menyebut pameran foto yang memadukannya dengan musik, baru sekali dilihatnya.

“Saya tidak malu datang ke Bandung untuk meresmikannya! Dan juga tidak  merasa sia-sia punya murid yang nakal  juga pintar!”

Risman berharap, setelah usai pameran ini, Ryan mau melanjutkan profesi sebagai fotografer dan menggelar banyak pameran.

“Jangan berhenti, gali terus kreativitas. Saya sediakan galeri bertaraf internasional yang berlokasi di ISI, Yogya untuk Ryan. Biar dia bisa mudik dan pamer karya di kampusnya,” ungkap Risman.  

Ryan mendapat kesempatan membuka pameran ColouRY di Maranatha dari teman semasa kost di Yogjakarta, yakni Dr. Ismet ZE, M.Sn, (Kaprog Sarjana Seni Universitas Kristen Maranatha).

Ismet pula yang pertama menantang  Ryan menggelar pameran foto. Terlebih, Ryan telah 18 tahun tidak melakukannya.

“Sepanjang masa kuliah, saya enam kali membuat pameran. Setelah lulus, saya sibuk cari uang, dan  lupa bikin pameran!” ujar Ryan kelahiran Cianjur, 19 Mei 1974.

“Setelah ini, Ismet juga mengupayakan saya bisa pameran di Jepang, dengan materi foto lebih bervariasi dan lebih banyak! Namun tetap dalam koridor ColouRY” kata Ryan mengunci percakapan. XPOSEINDONESIA Foto : Dion Momongan, Nini Sunny

Pameran Foto ColouRY di Maranatha Art Space dari 18-26 November 2021. Foto : Gideon Momongan
Ryan LH, di ruang pameran fotonya di Maranatha Art Space, Bandung Jawa Barat Foto : Gideon Momongan
Sebagian karya Ryan LH dalam Pameran Foto Mobil Antik bertajuk “ColouRY” Foto : Gideon Momongan
Pengunjung Ppmeran anthusias melihat karya foto Ryan yang unik karena judul foto terhubung dengan lagu rock Foto : Gideon Momongan
Ryan LH, dan Isterinya, Dienie Foto : Nini Sunny
Ryan LH dan Ibunda Tercinta Foto : Nini Sunny
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -