31.3 C
Jakarta
Thursday, August 11, 2022

Gubernur Jambi Promosikan Event Swarnabhumi; Batanghari Dulu, Kini, Dan Nanti ke TVRI

- Advertisement -
- Advertisement -

Televisi Republik Indonesia (TVRI) bekerja sama Studio 26.artlink pimpinan Ati Ganda menggarap program _variety show_ yang berbeda dari yang  pernah ada. Namanya “Bunga Khatulistiwa”.  

“Bunga Khatulistiwa adalah program variety show, yang berisi tarian, nyanyian, _talk show_ tentang beragam hal terkait budaya dan kesenian asli Indonesia,” ungkap Barno, Koordinator Program TVRI dalam jumpa pers Bunga Khatulistiwa bersama Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos Jumat, 27 Mei 2022.

“Kami sudah menayangkan program  ini dalam beberapa episode dan setiap episode mengangkat tema berbeda,”  tambah Barno.

Program Susur Budaya

DR Al Haris sebagai Gubernur Jambi hadir  di TVRI sebagai narasumber  program Bunga Khatulistiwa dalam episode “Menjemput Semangat-Saatnya Bersyukur pada Pemilik Jagat Raya”, karena bertepatan dengan  Pemda Jambi merancang event Kenduri Swarnabhumi; Batanghari Dulu, Kini, Dan Nanti.

- Advertisement -

Event Swarnabhumi adalah sebuah kegiatan susur budaya Melayu  yang berada di daerah  aliran  sungai (DAS)  Batanghari.   Acara ini dilaksanakan bekerja sama  dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, juga Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Al Haris, ada 9 daerah yang wilayahnya  berada di DAS Batanghari di Provisi Jambi yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo, Kabupaten Dharmanraya Provinsi Sumatra Barat

“Masing-masing kabupaten dan kota yang dilewati oleh sungai Batanghari baik langsung maupun tidak, akan melaksanakan kegiatan yang berangkat dari kekayaan budaya tradisi yang hidup dan berkembang di masing-masing tempat tersebut!” ujar  Gubernur Al Haris. “

Baca Juga :  Dihias Hujan Deras, Halal Bihalal  & Ultah Swara Maharddika ke 45 Tetap Meriah

Gubernur menyebut Program Bunga Khatulistiwa sangat inspiratif dan mengedukasi masyarakat.  “Kami memandang perlu memperkenalkan budaya Jambil lewat acara ini,” kata Al Haris  lagi.

Didukung Kemendikbudristek

Dirjen Kebudayan Kemendikbudristek DR Farid Hilmar  yang menjadi narasumber pendamping dalam episode  ini,  menyebut   perhatian Kemendikbudristek dalam tahun ini  memang condong pada kegiatan yang sedang diproyeksikan oleh Pemda Jambi.

“Kami punya fasilitasi bidang kebudayaan  yakni, bantuan pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada komunitas budaya dan Lembaga atau organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang kebudayaan dalam rangka melakukan dokumentasi karya dan pendayagunaan ruang publik untuk pemajuan kebudayaan,” kata Hilmar Farid

Program ini, lanjut Hilmar Farid  sejalan dengan  event Swarnabhumi; Batanghari Dulu, Kini, Dan Nanti.

Hilmar menyebut kenduri Swarnabumi bukan hanya sekadar kenduri. Namun kegiatan ini lebih kepada gerakan kebudayaan untuk mengembalikan ingatan masyarakat tentang pentingnya sungai dalam kehidupan sehingga  harus meletakan kebudayaan di hulu pembangunan.

Menurut Gubernur Al Haris, melalui kegiatan tersebut, pemerintah provinsi Jambi  akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya  kegiatan seminar, lokarya, pagelaran, pameran dan pemanfaatan media-media baru.

“Kenduri Swarnabhumi merupakan kegiatan arung budaya dengan salah satu tujuannya untuk dapat  menjali kesatuan  antar kabupaten  dan kota. Sekaligus dapat membawa aspek ekonomi bagi masyarakat sekitar. Sehingga kenduri ini tidak hanya dilaksanakan tahun ini saja, tapi bisa dua, tiga hingga 10 tahun kedepan,” katanya megakhiri percakapan XPOSEINDONESIA / Teks dan Foto : Muhamad Ihsan

gubernur jambi al haris dan dirjen kebudayaan hilmar farid menjadi narasumber bunga khatulistiwa
gubernur jambi al haris dan dirjen kebudayaan hilmar farid menjadi narasumber bunga khatulistiwa
gubernur jambi al haris dan hilmar farid
gubernur jambi al haris dan hilmar farid
gubernur jambi al haris dan staf bersama barno koordinator program tvri dan ati ganda
gubernur jambi al haris dan staf bersama barno koordinator program tvri dan ati ganda
menurut gubernur al haris gubernur menyebut program bunga khatulistiwa sangat inspiratif dan mengedukasi masyarakat
menurut gubernur al haris gubernur menyebut program bunga khatulistiwa sangat inspiratif dan mengedukasi masyarakat
tari sekapur sirih dari jambi
tari sekapur sirih dari jambi
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -