28.4 C
Jakarta
Selasa, Februari 27, 2024

Galeri Indonesia Kaya Hadirkan Lenong Betawi Semarakkan HUT DKI Jakarta ke-496

- Advertisement -
- Advertisement -

Merayakan HUT DKI Jakarta ke-496, Galeri Indonesia Kaya menghadirkan sebuah pertunjukkan lenong Betawi bertajuk “Jakartaku Semangatku”. Pertunjukan seni berdurasi kurang lebih 60 menit ini, menyuguhkan kisah tentang sebuah sanggar yang kebingungan karena tidak adanya proyek pementasan.

Di tengah keputusasaan ternyata ada saja jalan terang yang membuat sanggar seni tersebut kembali memiliki harapan. Kehadiran seorang turis yang diperankan oleh Wandha Dwiutari, yang mengajak para seniman di dalamnya untuk pentas di luar negeri menjadi tolak balik sebuah perjalanan para penggiat budaya tersebut.

Kisah sederhana namun sangat relate dengan keadaan di tanah air ini menjadi semakin meriah dengan iringan musik dari gambang kromong serta suara tawa bahagia dari penikmat seni yang memadati auditorium Galeri Indonesia Kaya tersebut.

- Advertisement -

Sinar Norray sendiri merupakan grup lenong yang didirikan oleh mendiang Mpok Nori, seniman Betawi yang telah menjadi salah satu legenda komedi Betawi. Mpok Nori memulai kariernya dalam pentas lenong Betawi bersama sesama seniman Betawi lainnya yakni H. Bokir.

Sinar Norray mendidik seniman-seniman Betawi, dari penari, pemain lenong, hingga musisi, dan sering tampil di berbagai acara. Sementara itu, Wandha Dwiutari adalah seorang pembawa berita dan juga figur publik yang telah mendapatkan jutaan pengikut di media sosial.

“Melestarikan kebudayaan Betawi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menghadirkan pementasan lenong seperti ini. Kolaborasi bersama Sinar Norray di sore ini merupakan sebuah kesempatan yang amat menyenangkan, karena saya bisa kembali mengeksplorasi kebudayaan Betawi dengan grup lenong legendaris Ibu Kota yang secara konsisten melestarikan budaya Betawi,” ujar Wandha Dwiutari yang juga None Jakarta Utara 2012.

- Advertisement -
Menyalin
Baca Juga :  The Clinic Beautylosophy Bandung, Hadir Dengan Layanan Bedah Plastik dan Treatment Aeshtetic Terbaik di Bandung

Program Director Galeri Indonesia Kaya, Renitasari Adrian menyampaikan bahwa kolaborasi antara Sinar Norray dan Wandha Dwiutari dalam pertunjukan lenong Betawi merupakan salah satu upaya pihaknya untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Jakarta.

Selain menghibur, cerita menarik lewat sentuhan musik gambang kromong ini juga memberikan pesan dan nilai-nilai kebudayaan Betawi ke hadapan para penikmat seni.

“Kami harap, pertunjukan lenong Betawi yang menjadi salah satu aset budaya warga Jakarta, dapat terus kita lestarikan. Semoga pertunjukan ini juga dapat menggerakkan generasi muda untuk bisa mengikuti konsistensi serta kecintaan Sinar Norray dalam mempertahankan seni budaya Betawi,” ujar Renitasari.

Sementara Mpok Engkar selaku perwakilan dari Sinar Norray mengungkapkan kesempatan untuk kembali tampil ke hadapan para penikmat seni merupakan pengalaman yang amat menyenangkan.

“Pertunjukan kali ini merupakan penampilan kami ke 4 di Galeri Indonesia Kaya setelah sebelumnya kami hadir di sini pada tahun 2014, 2015, dan 2017. Senang rasanya melihat antusiasme para penikmat seni yang didominasi oleh generasi muda terhibur dalam rangka merayakan HUT Jakarta. Semoga upaya kami dalam melestarikan dan meregenerasi seniman-seniman Betawi dapat terus terlaksana melalui beragam pementasan yang kami tampilkan,” ungkap Mpok Engkar

Di pekan depan, pada Sabtu (1/07/2023) mendatang, penikmat seni akan diajak untuk menyaksikan pertunjukan musik “Ada Swara” oleh Jodhokemil yang mengangkat sebuah konsep suara sebagai simbol keberadaan, kehadiran, dan keterlibatan manusia di dunia ini. Jodhokemil adalah kelompok musik kontemporer asal Magelang dimana para personilnya terdiri dari kalangan seniman dan pegiat seni. XPOSEINDONESIA/ Foto: Indrawan Ibonk

Gerakan dinamis dihadirkan penari lenong betawi Sinar Norray
Para musisi lenong Sinar Norray tengah in action
Wandha Dwiutari, None Jakarta Utara 2012 ikut meramaikan lenong Betawi
Bersama Galeri Indonesia Kaya, Grup Lenong Sinar Norray angkat budaya Betawi
Aksi kocak mengocok perut dihadirkan kelompok lenong betawi Sinar Norray
- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -