Charlie Watts Tutup Usia

- Advertisement -
- Advertisement -

Drummer Rolling Stones, Charlie Watts (80 tahun) dilaporkan meninggal dunia pada Selasa (24/8/2021).

Bernama lengkap Charles Robert Watts (2 Juni 1941 – 24 Agustus 2021), ia mencapai popularitas yang mendunia sebagai drummer Rolling Stones.

Dia  juga merupakah salah satu anggota band Rolling  Stones terlama, bergabung pada Januari 1963 dan tetap menjadi anggota sampai kematiannya pada 2021.

- Advertisement -

Dilamar Rolling Stones

Di tahun 1962, Charlie menerima tawaran Alexis Korner untuk bermain dalam band Blues Incorporated. Mick Jagger menjadi vokalis band ini.

Jagger sendiri sebenarnya sedang membentuk grup band  sendiri bernama Rollin’ Stones. Bersama dengan Keith Richards, Brian Jones, Bill Wyman dan Ian Stewart.

- Advertisement -
Menyalin

Charlie akhirnya diajak bergabung untuk menggantikan posisi drummer mereka, Tony Chapman.

“Awalnya dari Brian, Mick and Keith aku pertama kalinya serius belajar tentang R&B. Aku tidak tahu apapun tentang itu. Blues bagiku adalah Charlie Parker atau Johnny Dods bermain lambat,” ujarnya

Berawal dan Banjo

Instrumen pertama yang dimainkan Charlie adalah banjo,   alat musik petik  yang dikembangkan budak Afrika di Amerika. Tetapi belakangan ia tertarik memainkan snare drum.

Charlie mendengarkan musik jazz pertama kalinya di usia 12 tahun. Ia langsung menjadi penggemar dari Miles Davis, Duke Ellington dan Charles Mingus.

Dalam menjalani pendidikan, Charlet tertarik dengan jurusan desainer grafis dan masuk ke Sekolah Seni Harrow. Ia kemudian bekerja di perusahaan periklanan.

Tahun 1961, ia membuat ilustrasi dan menulis tribute menarik untuk Charlie Parker. Namun karya ini baru dirilis tahun 1964 setelah Rolling Stones mulai terkenal.

Sepanjang 1971-1981, Charlie menjadi bagian dari kesuksesan delapan album Rolling Stones. Ia juga menunjukkan keahlian mendesainnya bersama dengan Jagger untuk menciptakan tata panggung yang menjadi ciri khas mereka.

Kecanduan Barang Haram

Akhir 70-an, Charlie mulai menggunakan heroin dan kecanduannya terbawa sampai studio.

Di pertengahan 80-an, Charlie kembali mengalami kecanduan obat-obatan dan alkohol. Kali ini kecanduannya nyaris menghancurkan pernikahannya dengan Shirley Ann Shepherd. Pernikahan mereka dikaruniai seorang putri Seraphina.

“Aku rasa itu adalah krisis paruh baya. Aku menjadi orang yang berbeda. Dam hampir kehilangan istriku gara gara kelakuanku,” ujarnya kepada Observer seperti dilansir The Guardian.

Selama ngeband dengan Rolling Stones, Charlie jarang dikabarkan sakit.  Namun pada tahun 2004, ia didagnosa menderita kanker tenggorokan. Setelah menjalani radiotherapy selama setahun, Charlie dinyatakan sembuh.

Pada Juli 2021,  Charlie menjalani operasi dan tidak bisa tampil dalam tur dunia bersama dengan Jagger dan kawan-kawan.

Tur dunia kali ini merupakan hasil penundaan dari tur yang harusnya dilakukan tahun lalu. Posisi Charlie digantikan oleh Steve Jordan selama tur berlangsung.

Prosedur operasi Charles berlangsung sukses dan mengharuskannya beristirahat. Keith Richards sendiri mengatakan kejadian ini sedikit mengecewakan mereka.

“Kami mendoakan Charlie segera sembuh,” ujar Richards seperti dilansir oleh The Guardian.

Penampilan terakhir The Rolling Stones bersama dengan Charlie Watts ditayangkan dalam One World: Together at Home. Program yang tayang April 2020 ini menampilkan Charlie yang tenang dan memainkan drum untuk lagu baru You Can’t Always Get What You Want.

Bersama dengan Rolling Stones, Charlie ikut merayakan kesuksesan lagu (I Can’t Get No) Satisfaction yang menjadi no. 1 pertama kalinya di Amerika Serikat tahun 1965.

Belakangan, Charlie tak ikut serta dalam sebagian tur Amerika Serikat yang digelar band-nya karena alasan medis.

Kabar tersebut diungkapkan oleh juru bicara band The Rolling Stones pada Pitchfork, Rabu (4/8) waktu Amerika Serikat. Charlie belum sepenuhnya pulih setelah menjalani serentetan tindakan medis.

“Charlie telah menjalani prosedur yang benar-benar berhasil, tetapi saya menghubungi dokternya pekan ini dan menyimpulkan bahwa dia (Charlie) sekarang membutuhkan istirahat dan pemulihan yang tepat,” ujar juru bicara tersebut. XPOSEINDONESIA -dari berbagai sumber. Foto : Instagram charliewattsofficial

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -