OTT Alternatif Baru Menonton & Bakal Jadi The Next TV

- Advertisement -

Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) menggelar Webinar Zoom seri I bertajuk “Peluang Mengembangkan Ekosistem Perfilman Indonesia Di Era Pandemi”,  pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Dipandu Shandy Gasela (Ketua Dewan Juri FFWI ke-11) muncul tiga narasumber yakni Manoj Punjabi (CEO MD Corp) Lesley Simpson (Country Head WeTV & Iflix Indonesia dan Judith J Dipodiputro (CEO Perum PFN).

Diskusi daring ini dibuka oleh Ketua Panitia FFWI, Wina Armada Sukardi yang mengingatkan peran penting wartawan dalam perkembangan sejarah industri film Indonesia.

- Advertisement -

“Tercatat dalam sejarah, wartawan adalah penggerak perfiman Indonesia. Film pertama  yang diproduksi di Indonesia, dan dibuat seluruhnya oleh orang Indonesia,  dilakukan  oleh Usmar Ismail yang berprofesi sebagai wartawan. Kami berharap semangat ini akan terus berkembang melalui FFWI,” ujar Wina.

Webinar yang dihadiri lebih dari 100 peserta ini, menampilkan kata sambutan dari Edy Suwardi, Kapokja Apresiasi dan Literasi Film,   mewakili Ahmad Mahendra, Dit.PMMB Kemendikbudristek Film, yang menyambut baik acara yang digelar FFWI ini.

“Kami mendukung acara ini dan terus mengawal FFWI hingga terselenggaranya puncak acara di bulan Oktober mendatang,” ungkap Edy Suwardi.

- Advertisement -

Era Baru  Produksi Film

Film menjadi salah satu sektor yang paling terpukul dengan adanya pandemic Covid 19. Seperti diketahui, sampai hari ini bioskop masih tutup, padahal mall sudah boleh dibuka,  dan resto sudah  melakukan dine in.

Dengan kondisi ini, secara otomatis banyak perusahaan film yang terpukul. Namun, di antara banyak perusaaan film tersebut, MD Corp yang dipimpin Manoj Punjabi justru malah melejit.

Banyak produksi MD yang tayang di berbagai layanan OTT (over the top), termasuk  salah satunya lewat WeTV, yang mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2019.

Manoj Punjabi menyebut, “di tengah masa pandemi, jika perusaan film hanya  bertumpu produksi  dan tergantung pada bioskop, sudah pasti babak belur. Pasti itu!”ungkap Manoj.

Namun MD Pictures beruntung, sejak sekitar empat-lima tahun lalu,  mereka sudah berpikir untuk membuat devisi khusus OTT, dan mulai mencari tahu cara membuat film series.  

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -