Senin, Desember 9, 2024

Kolaborasi Percepat Pengembangan Industri Gim Nasional Didukung Kemenparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendukung berbagai upaya kolaborasi dan koordinasi untuk mendorong implementasi Perpres Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19/2024 pada Senin (7/10/2024) di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, mengatakan kegiatan itu merupakan bentuk upaya Pemerintah untuk melaksanakan Percepatan dan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Menparekraf menegaskan dukungannya dalam upaya percepatan dan pengembangan industri gim nasional.

“Rencananya pada 2025 di masa Pemerintahan berikutnya akan digelar acara Indonesia Game Week 2025 yang mencakup Indonesia Games Festival, IGDX Career, Cyber Games Initiatives dan Gameprime. Rangkaian acara ini akan diselenggarakan pada 8-17 Agustus 2025,” kata Menparekraf Sandiaga.

Pemerintah menyatakan akan fokus untuk mereplikasi kebijakan terkait gim yang dilakukan oleh Jerman dan Jepang pada 15 tahun silam. Di antaranya, Indonesia akan mulai menyelenggarakan acara gim berskala nasional hingga internasional untuk menarik perhatian global dan memfasilitasi kolaborasi.

Indonesia dapat belajar dari Jerman yang telah sukses menjadi tuan rumah Gamescom, pameran dagang gim terbesar di dunia, sejak tahun 2009. Gamescom berperan penting dalam menarik investasi, mempertemukan developer, dan memamerkan inovasi gim.

Pemerintah Jerman juga secara aktif mendukung industri gim melalui pendanaan, insentif pajak, dan program pendidikan.

Sementara dari Jepang Indonesia dapat belajar terkait komersialisasi Intellectual Property (IP) dimana Jepang memiliki banyak IP gim yang kuat dan mendunia seperti Mario, Pokémon, dan Final Fantasy.

Menurut Grand View Research, proyeksi pertumbuhan industri gim global akan terus meningkat dengan pangsa pasar mencapai 504,28 miliar dolar AS pada 2030. Jumlah tersebut meningkat sebesar 69,7 persen dibandingkan pasar gim pada tahun 2024.

Must Read

Related Articles