Nasionalisme dalam Film Bukan Cuma Perlawanan Terhadap Kolonial

Namun Ada Dimensi Kultural Yang Perlu Terlihat, Mulai dari Fashion, Food dan Lokasi Syuting

- Advertisement -

Sukses film “Sayap-Sayap Patah”  yang meraih lebih dari 2 juta penonton itu, sama sekali tak diduga oleh Produser Eksekutifnya sendiri Denny Siregar, tokoh, yang selama ini dikenal  pula sebagai aktivis sosial media dan penulis.

Menurut Denny, film “Sayap-Sayap Patah”  yang mengangkat kisah drama fiksi,  berdasarkan peristiwa kerusuhan di Mako Brimob pada 2018,  dan menewaskan 5 anggota Densus 88 itu, sempat diprediksi beberapa kalangan akan gagal. Apalagi jadwal tayang bersamaan dengan meledaknya kasus Ferdy Sambo.

“Mendadak kasus itu (Ferdy Sambo) meledak, dan membuat orang berpikir film ini akan flop di awal,” ungkap Denny Siregar dalam Webinar:Nasionalisme dan Film yang diselenggarakan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI ke XII), Jumat, 16 September 2022.

- Advertisement -

Diakui Denny, perkiraan banyak orang itu hampir betul. “Karena di hari pertama ditayangkan Sayap-Sayap Patah hanya ditonton 14.000 orang, kemudian naik secara perlahan ke angka 46.000 dan selanjutnya bergerak sampai 2 juta lebih,” ungkap  Denny

Denny mengaku tidak punya dana promosi besar untuk filmnya. Sukses film ini  disebut oleh Denny  bukan semata-mata karena akting Nicolas Saputra dan Ariel Tatum, melainkan  karena digerakan oleh postingan netizen yang  mendadak viral lewat TikTok.

“Ada  netizen yang mengunggah ending adegan dia menangis  saat menonton film ini ke Tik Tok. Itulah yang membuat masyarakat penasaran, kemudian ingin menangis berjamaah di bioskop lewat  ‘Sayap-Sayap Patah’,”  ujar Denny.

- Advertisement -

Film “Sayap-Sayap Patah” yang disutradarai Rudi Soedjarwo dengan naskah dituis Monty Tiwa, Eric Tiwa dan Alim Sudio ini kata Denny  dirancang mengangkat kisah tentang manusia, dikonsep sebagai film drama romatis. Ada action, tetapi hanya sebagai bumbu dan ada pemain yang namanya terkenal dan disukai penonton. Denny mengingat film sejenis “Mumbai” dan “Die Hard””, yang berkisah tentang polisi ditembak teroris dan meraih sukses.

“Namun di ‘Sayap-Sayap Patah, saya tidak membuat film nasionalisme. Saya hanya ingin membuat film yang mengangkat  kisah orang yang telah berjasa untuk negara. Ada orang-orang yang sebetulnya sangat layak  untuk kita hargai.  Dan pikiran kami  kemudian terpusat pada peristiwa Marko Brimob!”  kata Denny Siregar yang berharap tragedi tersebut tetap diingat sebagai sejarah.

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -