Kemenparekraf Gelar Kegiatan Untuk Tingkatkan Kualitas Foto & Video

- Advertisement -

Didi Kasim (Editor in Chief of National Geographic Indonesia), Bambang Widjanarko (Senior Fotografer Kemenparekraf) dan  Arbain Rambey (Mantan Jurnalis Foto Harian Kompas) menjadi narasumber utama  dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Produksi Konten Foto, Video, dan Dokumentasi Kemenparekraf/Baparekraf di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis, Bogor, Selasa (15/12/20).

Kegiatan ini  digelar untuk meningkatkan kapabilitas SDM Kemenparekraf, khususnya yang  terkait  dengan peliputan dan dokumentasi kegiatan serta program Kemenparekraf/Baparekraf lewat output foto dan video. Lewat acara ini diharapkan dapat memaksimalkan penyampaian informasi kepada publik.

Agustini Rahayu,  Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, dalam sambutannya, mengatakan mengabadikan, sebuah momentum dalam bentuk visual adalah salah satu bagian terpenting dalam kegiatan peliputan. Sebab, mengabadikan momentum tidak sekadar untuk menyebarkan informasi, melainkan menjadi penguat dari sebuah narasi publik. 

- Advertisement -

“Di Biro Komunikasi Kemenparekraf, mendokumentasikan suatu momentum sudah jadi pekerjaan harian, ke depan dibutuhkan peningkatan kompetensi untuk mempertajam kemampuan dalam memproduksi konten foto dan video. Selain itu, konten foto dan video ini pun menjadi penting dalam mendukung konten narasi, ” kata Agustini.

Agustini juga mengatakan kini mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video tidak hanya bisa dilakukan oleh seorang profesional, namun juga dapat dilakukan oleh nonprofesional meski dengan menggunakan ponsel. 

“Maka dari itu, melalui kegiatan ini, diharapkan internal Kemenparekraf mendapat pengetahuan baru dalam memproduksi konten foto dan video, sehingga jika dalam situasi apapun termasuk saat tidak ada fotografer atau videografer, kita semua dapat mengabadikan momentum untuk menghasilkan angle terbaik meski dengan ponsel yang kita miliki,” ujar Agustini. 

- Advertisement -

Sementara itu, Editor in Chief of National Geographic Indonesia, Didi Kasim, menjelaskan konten foto dan video sangat diperlukan untuk memperjelas, memperindah, memperkuat, dan mempertegas suatu cerita atau narasi. 

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -