Di Labuan Bajo, Menparekraf Tinjau Pembangunan Creative Hub

- Advertisement -
- Advertisement -

Pembangunan creative hub yang diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan bagi para pelaku industri kreatif yang ada di kawasan lima Destinasi Super Prioritas (DSP) telah mendekati 100 persen rampung.

“Seperti kita lihat di Puncak Waringin pengerjaan (Creative Hub) sudah hampir 100 persen (rampung), namun perlu banyak investasi maka dari itu saya mengajak Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) bekerja sama meningkatkan jumlah hotel dan restoran dan juga tempat layanan untuk wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Kamis (7/1/2021) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Sandiaga menuturkan pihaknya terus menjalin koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah setempat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempersiapkan Labuan Bajo sebagai DSP yang mampu menyambut kedatangan wisatawan dengan baik. 

- Advertisement -

Selain itu, Sandiaga mengungkapkan peninjauan ini juga bertujuan untuk melihat kesiapan infrastruktur untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo yang terdampak oleh pandemi COVID-19.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini kita pastikan bahwa destinasi ini bukan hanya siap secara infrastruktur bukan hanya dari interkoneksi. Tapi juga siap di sisi produk-produk ekonomi kreatifnya, layanan sumber daya manusia, dan calendar of events-nya,” katanya.

Baca Juga :  Di Forum PBB,  Angela Tanoesoedibjo Tekankan Pentingnya Ekraf dalam Pembangunan Ekonomi Inklusif

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF), Shana Fatina, menyebutkan DSP Labuan Bajo sebetulnya memiliki daya tarik yang tinggi terhadap wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Mengingat pada 2019, ada 160.237 kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo.

- Advertisement -
Menyalin

“Saat ini kami sedang bekerja keras untuk meningkatkan nilai Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) di daerah koordinasi BOPLBF. Selain itu, Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang cocok dikembangkan dengan konsep Sustainable Tourism (Eco-tourism) yang mengoptimalkan potensi pariwisata yang otentik, dan mengedepankan orisinalitas, kekayaan alam, dan budaya lokal,” ucap Shana.

Dalam kunjungan ini, selain didampingi oleh Shana, Menparekraf Sandiaga didampingi pula oleh Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, R. Kurleni Ukar dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa SungkariXPOSEINDONESIA – Foto Dok Kemenparekraf

More Pictures

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

- Advertisement -