Lombok Dinobatkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia

12 April 2019

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan penghargaan kepada lima destinasi pariwisata halal terbaik dan lima destinasi pariwisata halal unggulan Indonesia.

Salah satu destinasi wisata halal terbaik di raih oleh provinsi Lombok, dalam acara Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference 2019 di Bidakara Hotel, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Arief Yahya mengatakan, Indonesia mempunyai 10 destinasi wisata halal unggulan yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Sulawesi Selatan (Makassar), dan Nusa Tenggara Barat.

"Salah satu bukti dan komitmen dari kepala daerah masing-masing adalah untuk mengembangkan destinasi pariwisata halal di daerah masing-masing, supaya pariwisata Indonesia dapat berkembang dari tahun ke tahun," kata Arief.

Tak hanya itu, Arief juga turut serta melakukan penandatanganan MoU antara Kementerian Pariwisata dengan 16 pemerintah provinsi/kabupaten/kota yakni Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kota Tanjung Pinang, Kota Bandung, Kota PekanBaru, Provinsi Riau, Provinsi Aceh, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Jawa Timur.

Menpar menjelaskan dalam dua tahun ini dalam IMTI telah dilakukan penilaian kinerja 10 detinasi pariwisata unggulan yang menunjukan terjadi peningkatan skor di masing-masing destinasi.

Pada IMTI 2018, skor rata-rata sebesar 50, dengan skor tertinggi adalah Lombok dengan skor 58. Sedangkan pada IMTI 2019, skor rata-rata 55, dengan skor tertinggi adalah Lombok yang memperoleh skor 70.

IMTI 2019 kembali menggunakan standar GMTI (Global Muslim Travel Index) yang terdiri dari 4 kriteria meliputi Acces, Communication, Environment, dan Services (ACES).

Alhamdulillah Tahun ini, Indonesia rangking pertama sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia. Kita pun menargetkan lima juta wisman muslim atau 25 persen dari target 20 juta wisman,” ujar Menpar. XPOSEINDONESIA – Dudut Suhedra Putra

More Pictures

 

 

 

Last modified on Friday, 12 April 2019 12:05
Login to post comments