Banyuwangi Rilis 99 Event Sepanjang Tahun 2019

31 January 2019

Kementerian Pariwisata bersama Bupati Banyuwangi baru saja merilis Calender of Event (CoE) Banyuwangi dengan tema besar “Majestic Banyuwangi 2019”. Sudah dipastikan sepanjang 2019 Banyuwangi akan menampilkan 99 event dan Top 3 event, yang masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia. 

alam sambutannya Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi kepada Banyuwangi yang aktif mengemas event pariwisata yang setiap tahun baik jumlah maupun kualitasnya semakin meningkat. 

Ia menyebutkan bahwa penetapan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik karena pertumbuhan event di Banyuwangi sangat pesat dan melibatkan seluruh potensi masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarat Banyuwangi. “Tahun 2012, Banyuwangi baru memiliki 12 event, tahun 2018 lalu melonjak 75 event, dan tahun ini menjadi 99 event. Semua event ini melibat seluruh potensi masyarakat Banyuwangi,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya selalu menyebutkan bahwa event atau atraksi menjadi unsur penting dalam pariwisata yang dikenal dengan 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) dan unsur ini di Banyuwangi terus berkembang, antara lain aksesibiltitas akhir tahun 2018 sudah ada penerbangan internasional Citilink terbang Kualalumpur (Malaysia)-Banyuwangi dan penerbangan domestik dari Jakarta dan Surabaya. 

Sementara sebelumnya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya bahwa event ini sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan, sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik di Indonesia.

"Majestic Banyuwangi Festival 2019 ini ibarat rangkuman bagi segenap potensi yang ada di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari seni budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakat. Event ini juga sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival yang terkenal di Indonesia, karena keberhasilannya dalam menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival," sebut Anas.

Adapun Top 3 event yang masuk dalam 100 Events Wonderful Indonesia, adalah Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu. "Penampilan 99 events selama satu tahun penuh di Banyuwangi ini terdiri atas 29 event sport, 17 event musik, 16 event culinary & inovasi, dan 30 event religi," sebut Anas lagi. – XPOSE INDONESIA/ AM

More Pictures

Last modified on Thursday, 31 January 2019 17:01
Login to post comments